Manfaat Berkumur dengan Obat Kumur Ketika Berpuasa


KURANEWS.ID - Anda mungkin sering mendengar anjuran untuk menggunakan obat kumur saat berpuasa. Jika Anda bertanya-tanya, seberapa pentingkah penggunaan obat kumur atau mouthwash selama puasa, jawabannya adalah sangat penting. Ada beragam manfaat yang bisa Anda peroleh dari penggunaan obat kumur.

Berpuasa dapat menyebabkan mulut kering. Selain itu, saat puasa, kita sering kali menghidangkan makanan manis untuk berbuka. Kedua hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah pada gigi dan mulut, mulai dari bau mulut hingga gigi berlubang, bila Anda tidak membersihkannya dengan benar.

Inilah Manfaat Berkumur dengan Obat Kumur Ketika Berpuasa

Manfaat Berkumur Ketika Berpuasa

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama puasa, Anda harus rutin menyikat gigi setidaknya 2 kali dalam sehari. Namun, menyikat gigi saja tidak bisa membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi dengan sempurna. Oleh karena itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan benang gigi (dental floss) dan berkumur dengan obat kumur (mouthwash).

Untuk lebih jelasnya, inilah manfaat yang bisa Anda peroleh dari penggunaan obat kumur selama puasa:

1. Mencegah bau mulut

Ketika berpuasa, produksi air liur akan mengalami penurunan. Karena air liur merupakan pembersih mulut alami, berkurangnya air liur akan menyebabkan peningkatkan jumlah bakteri sehingga menyebabkan bau mulut.

Hal ini bisa dicegah dengan berkumur menggunakan obat kumur, misalnya setelah makan. Obat kumur dengan kandungan antiseptik mampu mengurangi bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, kandungan menthol yang biasanya ada dalam obat kumur juga dapat membuat napas menjadi lebih segar.

2. Mencegah pembentukan plak gigi dan gigi berlubang

Plak gigi terbentuk dari sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Lama-kelamaan, plak ini bisa menimbulkan lubang pada gigi akibat zat asam yang dihasilkan bakteri sewaktu memecah sisa-sisa makanan tersebut.

Karena dapat membersihkan sisa makanan sekaligus bakteri di mulut dengan lebih maksimal, penggunaan obat kumur dapat membantu mencegah pembentukan plak gigi. Ini berarti risiko untuk terjadinya gigi belubang juga akan berkurang.

3. Menjaga kesehatan gusi

Radang gusi disebabkan oleh plak yang menumpuk di sela gusi dan gigi. Karena dapat mencegah pembentukan plak, obat kumur secara tidak langsung juga dapat menjaga gusi tetap sehat.

Namun, obat kumur tentunya harus digunakan secara rutin, serta dibarengi dengan menyikat gigi, membersihkan sela gigi dengan benang gigi (flossing), dan membatasi konsumsi makanan atau minuman yang manis.

4. Menjaga dan melindungi kesehatan mulut dari sariawan

Saat puasa, mulut menjadi lebih kering dan rentan mengalami sariawan. Untuk melindungi mulut dari sariawan selama berpuasa, berkumurlah dengan mouthwash secara rutin. Penggunaan obat kumur dapat membersihkan mulut dari sisa makanan yang bisa memicu risiko munculnya sariawan.

Selain menggunakan obat kumur, Anda juga harus menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rutin menyikat gigi dan melakukan flossing. Namun, lakukan dengan hati-hati, agar sikat gigi atau benang gigi tidak melukai gusi dan mulut yang justru dapat menimbulkan risiko terjadinya sariawan.

Tips Memilih Obat Kumur yang Baik

Agar manfaat obat kumur dapat diperoleh secara maksimal, Anda disarankan untuk menggunakan produk mouthwash yang mengandung bahan-bahan berikut ini:

Fluoride

Kandungan fluoride dalam obat kumur biasanya tertera pada kemasan dengan nama sodium fluoride. Bahan ini berfungsi untuk membantu mencegah terbentuknya plak dan lubang pada gigi. Berkumur dengan obat kumur yang mengandung fluoride disarankan terutama pada orang yang sering makan makanan manis dan mengalami mulut kering.

Sorbitol

Sorbitol sebenarnya adalah pemanis buatan. Bahan ini memberikan rasa yang enak pada obat kumur, tetapi tidak tergolong sebagai gula yang bisa memicu terbentuknya plak atau lubang pada gigi.

Minyak esensial

Beberapa obat kumur mengandung minyak esensial yang dapat mengurangi bakteri dan jamur di dalam mulut. Bahan-bahan ini diekstrak dari tanaman dan sesuai untuk digunakan. Contoh minyak esensial yang ada pada obat kumur adalah thymol, eucalyptol, dan menthol.

Anda juga disarankan untuk memilih obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Selain karena bisa tertelan, alkohol juga bisa membuat mulut menjadi semakin kering.

Menggunakan obat kumur saat berpuasa bisa sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun, Anda perlu ingat, berkumur dengan mouthwash juga perlu dibarengi dengan menyikat gigi dan melakukan flossing secara rutin, terutama setelah sahur dan sebelum tidur.

Selain itu, sebaiknya Anda juga mengunjungi dokter gigi sebelum bulan puasa untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut serta membersihkan plak gigi, terutama jika Anda belum melakukan kontrol gigi rutin dalam 6 bulan terakhir.

Referensi : https://www.alodokter.com/inilah-manfaat-berkumur-dengan-obat-kumur-ketika-berpuasa 
Lebih baru Lebih lama