Perbedaan Pandemi, Endemi, Epidemi dan Wabah


KURANEWS.ID - WHO telah resmi menetapkan COVID-19 sebagai sebuah pandemi. Ini merupakan peristiwa penting yang terjadi secara global atau dialami oleh seluruh negara, termasuk Indonesia. Berbicara mengenai penyebaran virus ini juga tidak lepas dari istilah Pandemi, Endemi, Epidemi dan Wabah. Sebenarnya makna dari ke 4 istilah ini hampir sama, yang membedakan adalah skala jangkauannya saja. Berikut adalah Perbedaan Pandemi, Endemi, Epidemi dan Wabah.





PANDEMI

Pandemi adalah penyakit yang menyerang orang dalam jumlah banyak dan terjadi di banyak tempat. Lebih singkatnya pandemi adalah epidemi yang tersebar. Istilah pandemi menurut KBBI dimaknai sebagai wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas.

Dalam pengertian yang paling klasik, ketika sebuah epidemi menyebar ke beberapa negara atau wilayah dunia. Wabah penyakit yang masuk dalam kategori pandemi adalah penyakit yang menular dan memiliki garis infeksi berkelanjutan. Jadi, jika ada kasus terjadi di beberapa negara lainnya selain negara asal, tetap digolongkan sebagai pandemi.

ENDEMI

Endemi adalah penyakit yang menjangkit orang dalam jumlah besar yang terjadi di suatu wilayah atau populasi tertentu. Pentakit yang menyerang lingkup yang lebih kecil dibanding pandemi, misalnya satu negara saja, wilayah, atau benua. Contoh penyakit endemi adalah ebola yang berada di daerah sub-Sahara Afrika, malaria dan meningitis.

EPIDEMI

Epidemi adalah penyebaran penyakit dengan jumlah banyak yg menyerang secara cepat. Contoh penyakit dengan jenis epidemik adalah penyakit chicken pox di Amerika Serikat.

Epidemi juga dapat diartikan sebagai penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban, misalnya penyakit yang tidak secara tetap berjangkit di daerah itu. Pengertian lain epidemi itu wabah yang menyebar di area geografis yang lebih luas. Sebut saja virus Corona yang awalnya menyebar di Wuhan, China, sehingga dapat diartikan bahwa wabah di Wuhan telah berkembang menjadi epidemi.

Sementara mengutip dari laman Verywell, kata epidemi berarti adanya peningkatan jumlah penyakit di atas normal yang tidak diharapkan. Epidemi adalah istilah secara luas digunakan untuk menggambarkan setiap permasalahan yang telah tumbuh di luar kendali. Epidemi didefinisikan sebagai wabah dari suatu penyakit yang terjadi lebih luas, wilayah geografis yang sangat tinggi dan memengaruhi proporsi penduduk.

WABAH

Hampir sama dengan defisini epidemi. Kata wabah dalam KBBI berarti penyakit menular yang berjangkit dengan cepat, menyerang sejumlah besar orang di daerah yang luas (seperti penyakit lainnya misalnya wabah cacar, disentri, kolera). Wabah adalah terjadinya suatu penyakit dalam masyarakat, di mana jumlah orang terjangkit lebih banyak daripada biasanya.

Penyakit dikatakan wabah ketika penyakit itu sudah lama tidak pernah menjangkiti masyarakat, datang penyakit baru yang sebelumnya tidak diketahui, dan penyakit tersebut adalah penyakit yang baru pertama kali menjangkiti masyarakat di daerah itu.

KESIMPULAN

Melihat penjelasan mengenai Perbedaan Pandemi, Endemi, Epidemi dan Wabah diatas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa istilah tersebut digunakan berdasarkan seberapa besar skala dmpak penyakit yang menyebar, mulai dari yang lingkup kecil hingga yang terbesar.

Wabah >> Epidemi >> Endemi >> Pandemi

Jika masih gagal paham mengenai skala penyebarannya, anggap saja seperti ini :
Kota >> Provinsi >> 1 Negara >> Semua Negara.





Sumber :
https://labkes.jogjaprov.go.id/berita/5
https://theconversation.com/apa-bedanya-pandemi-epidemi-dan-wabah-133491
https://www.suara.com/yoursay/2020/03/12/133941/perbedaan-epidemi-endemi-dan-pandemi
Lebih baru Lebih lama