Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah

KURANEWS.ID - Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah! pendidikan karakter sendiri memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan mutu yang dimiliki peserta didik. Dimana nantinya hasil pendidikan yang di dapatkan dengan adanya penyeimbangan dalam pembinaan karakter sendiri akan jauh lebih baik. Saat ini tentunya kurikulum 2103 sendiri di terapkan dengan adanya perpaduan antara kompetensi dan juga karakter dari peserta didik. Dan pastinya pendidikan karakter sendiri juga sesuai dengan adanya standar kompetensi lulusan dalam setiap satuannya. Dengan begitu maka kemudian peserta didik akan di ajarkan mengenai kemandirian dan juga rasa tanggung jawab dalam berbagai hal.

Gambar oleh LUM3N dari Pixabay

Tentunya saat ini pendidikan karakter sendiri mampu untuk meningkatkan dan juga menggunakan adanya pengetahuan yang dimiliki dengan baik. Dalam hal ini tentunya adanya internalisasi pendidikan dalam kehidupan sehari-hari tentunya menjadi salah satu tujuan dari pembinaan karakter. Kini tentunya pendidikan karakter sudah dilaksanakan dengan baik oleh setiap sekolah dengan adanya kurikulum 2013. Pada dasarnya ada banyak sekali berbagai macan hal yang di ajarkan dalam pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 yang kini sudah di berikan kepada peserta didik. Dan masing-masing pembelajaran yang mengacu pada kurikulum 2013 tersebut mengacu pada satu tujuan yaitu perbaikan karakter anak bangsa.

Berikut Mengenai Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013


Adanya kegiatan pendahuluan


Pada dasarnya dalam setiap awal pertemuan pembelajaran tentunya setiap peserta didik akan di berikan motivasi mengenai bagaimana caranya memfokuskan perhatiannya. Dengan begitu maka nantinya peserta didik akan dapat mengupayakan prestasi aktif yang dimiliki dalam bidang pembelajaran yang akan dilakukan. Dalam kurikulum 2013 sendiri tentunya pada awal pertemuan peserta didik akan di siapkan baik secara psikis ataupun fisik untuk mengikuti pembeelajaran. Setelah itu tentunya guru akan memulai pengenalan materi yang pertama yang di contohkan dengan implementasi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Dimana nantinya guru memberikan contoh dan juga perbandingan lokal, nasional, ataupun international kepada peserta didik.

Adanya kegiatan inti


Selain itu tentunya pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 sendiri di bagi lagi menjadi sebuah kegiatan inti dari pembelajaran. Dimana dalam tahap ini sudah ada pelaksanaan tugas bagi seorang guru untuk bisa menyalurkan ilmunya agar tujuannya bisa tercapai dengan baik. Tentunya sistem pembelajaran yang di berikan oleh guru pada peserta didik sendiri dilakukan dengan cara interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan juga menantang. Dimana dalam kegiatan inti sendiri ada tiga hal yang perlu di terapkan pada peserta didik yaitu sikap, pengetahuan, dan juga keterampilan. Sehingga kemudian mereka bisa mendapatkan manfaat secara utuh dalam pendidikan yang di dapatkan di sekolah.

Adanya kegiatan penutup


Nah, bagian terakhir dari sebuah pendidikan karakter yang mengikuti kurikulum 2013 adalah kegiatan penutup. Dalam hal ini tentunya guru dan juga peserta didik melakukan evaluasi terkait dengan pembelajaran yang dilakukan. Dan pastinya evaluasi tersebut digunakan untuk membenahi cara pembelajaran yang terjadi di sekolah tentunya. Selain itu tentu dengan adanya evaluasi maka akan ada umpan balik terhadap proses ataupun hasil dari pembelajaran yang dilakukan. Sehingga kemudian guru dapat melakukan tindak lanjut kepada murid melalui pemberian tugas rumah ataupun PR.

Mungkin itu saja yang bisa disampaikan mengenai penerapan dari pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 di sekolah. Semoga dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi kamu untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam pendidikan karakter yang mengacu pada kurikulum 2013.
Lebih baru Lebih lama