Panduan Chatbot WhatsApp Resmi Kominfo untuk Informasi Aktual Virus COVID-19 (Corona)

KURANEWS.ID - JAKARTA- Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan layanan chatbot untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi yang valid dan terkini mengenai penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Tanah Air. Layanan ini bisa diakses melalui aplikasi whatsapp dari nomor 0811 3339 9000 (dengan username : COVID19.GO.ID).

“Kementerian Kominfo bekerja sama dengan WhatsApp Facebook dan Telkom Group sedang membangun Chatbot WA yang bisa diakses publik dengan nama akun: covid19.go.id,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Johny G Plate, dalam dalam Konferensi Pers Online, Kamis (18/3/2020).

Beberapa informasi yang dapat diakses melalui layanan chatbot ini di antaranya tentang kabar terkini Covid-19 di Indonesia, informasi gejala dan hal detil mengenai virus corona, bagaimana cara melindungi diri dan penggunaan masker yang benar. Serta informasi mengenai rumah sakit rujukan Covid-19.

Selain menyediakan fasilitas chatbot, WhatsApp (Facebook) juga sudah berkomitmen memberikan kebijakan khusus bagi Indonesia untuk dapat menyalurkan pesan WhatsApp blast terkait pandemi Covid19. Untuk pelaksanaannya, Kementerian Kominfo akan menyediakan form bagi publik yang bersedia menerima pesan blast pada akun WhatsApp.


Panduan Chatbot WhatsApp Resmi Kominfo untuk Informasi Aktual Virus Corona

1. Simpan nomor Chatbot WA Resmi Kominfo berikut ini : 0811 3339 9000
Atau lebih cepatnya klik tautan ini untuk langsung terhubung ke COVID19.GO.ID
2. Ketik Halo, lalu kirim
3. Balas chatnya dengan mengirim A, B, C, D, E, F atau G

4. Selanjutnya Chatbot akan memberikan informasi sesuai dengan pilihan anda
5. Balas MENU untuk kembali ke menu utama, atau balas SELESAI untuk mengakhiri chat

Sebelumnya, Kominfo sudah memberi dukungan penuh penyediaan kanal informasi bagi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menyebarluaskan informasi penanganan pandemi Covid-19. Kanal informasi yang sudah aktif antara lain SMS blast dengan sender BNPB melalui operator seluler, Call center 119, dan Public Service Announcement (PSA) oleh Lembaga Penyiaran Publik dan Swasta.

Untuk memudahkan akses masyarakat mendapatkan penanganan darurat terkait Virus Corona (Covid-19), Kementerian juga telah menetapkan Nomor Pelayanan Darurat yang dapat diakses melalui nomor 117. Layanan ini bebas pulsa dan secara ekslusif digunakan oleh BNPB.
Lebih baru Lebih lama