Film yang Menggambarkan Bagaimana Virus (Corona) Menyebar


KURANEWS.ID - Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara.

Gejala umum infeksi Virus Corona adalah berupa demam ≥380 derajat celcius, batuk, pilek, nyeri tenggorokan dan sesak napas. Gejala yang dialami dari infeksi Virus Corona ini juga mengingatkan kita pada virus SARS dan Flu Burung yang juga sempat menghebohkan dunia.

Melihat situasi yang semacam ini tentunya membuat para pecinta film mengingat sebuah film yang menggambarkan bagaimana virus semacam corona ini menyebar. Film tersebut adalah "The Flu" besutan sutradara Kim Sung Su tahun 2013 silam. Film ini memberikan gambaran yang nyaris sempurna tentang penyebaran virus corona saat ini.




Lalu bagaimana sinopsis dari film ini?


Cerita ini berawal dari sekelompok imigran gelap yang diselundupkan dari sebuah pelabuhan di Hong Kong. Kelompok yang mayoritas berasal dari Asia Tenggara ini dimampatkan ke dalam sebuah kontainer. Sialnya, salah satu dari mereka terkena flu.

Sembilan bulan kemudian, kontainer berisi manusia itu sampai di Pelabuhan Pyeongtaek, Korea Selatan. Dua orang kakak adik, Ju Byung Woo (Lee Sang Yeob) dan Ju Byung Ki (Lee Hee Joon), datang untuk mengevakuasi para imigran ini ke tempat ‘bos’-nya.Bukannya sekumpulan calon pekerja, mereka justru mendapati tumpukan mayat saat membuka kontainer tersebut.

Hanya ada satu imigran gelap yang berhasil bertahan hidup, Mon Sai (Lester Avan Andrada). Kakak beradik kurir ini lalu memutuskan membawa Mon Sai ke tempat bos mereka.Sepanjang perjalanan, si adik, Ju Byung Woo, menunjukkan tanda-tanda demam dan flu yang semakin parah. Begitu tiba di Bundang, sekitar 50 kilometer dari Seoul, Ju Byung Ki memutuskan membawa adiknya berobat ke dokter. Di sinilah awal mula virus tersebut tersebar.





Dalam film tersebut, virus yang menyerang merupakan penyakit H7n9 atau versi terbaru dari Flu Burung (H5N1). Virus corona tidak semengerikan virus H7N9 di film 'The Flu', namun kita tetap perlu waspada dan melakukan upaya-upaya pencegahan.

Selain The Flu, sebenarnya masih ada beberapa film lain yang mengambil cerita soal penyebaran penyakit mematikan. Mulai dari serial drama Korea Selatan sepanjang 10 episode The Virus (2013), Deranged (2012), Contagion (2011), Fatal Contact: Bird Flu in America (2006), Outbrake (1995), 28 Days Later (2002), hingga drama Jepang Bloody Monday (2008) dan Bloody Monday II (2010).

Untuk ulasan kali ini kami merekomendasikan film "The Flu", karena film rilisan tahun 2013 ini tiba tiba menjadi rekomendasi film terlaris di tahun 2020 setelah adanya berita Virus Corona. Anda bisa menyaksikan film "The Flu" secara online (streaming) maupun mengunduhnya melalui situs Movierazone dibawah ini :
Lebih baru Lebih lama