Menu

5 Channel Youtube Interaktif, Edukatif dan Lucu untuk Anak-Anak


KURANEWS.ID - 5 Channel Youtube Interaktif, Edukatif dan Lucu untuk Anak-Anak | Jaman sekarang, tontonan mendidik untuk anak-anak semakin sulit ditemukan di televisi, kehadiran kartun atau animasi sudah mulai tergeser oleh adanya sinetron yang lebih mempertontonkan kisah perebutan harta warisan, kisah cinta terlarang, tawuran, ugal-ugalan, durhaka pada orang tua maupun adegan pelukan terhadap pasangan (dalam hal ini pacar). Bahkan tontonan yang seharusnya mendidik seperti serial azab justru malah memberikan kesan yang tidak masuk akal dan lucu terhadap azab yang ditunjukkan. Misalnya jenazah yang masuk cor-coran dan tertimpa meteor.

Tontonan semacam azab ini sebenarnya bagus jika dijadikan sebagai didikan supaya anak lebih memiliki moral, namun tidak semua anak menonton serial tersebut hingga munculnya scene pelaku terkena azab, karena tidak menonton sampai tuntas inilah dikhawatirkan anak menirukan adegan para tokoh yang nantinya terkena azab tersebut. Sungguh ironis bukan.




Namun para orang tua kini tidak perlu khawatir lagi, karena tontonan mendidik untuk anak sudah banyak sekali ditemukan di media lain, yaitu Youtube. Tentunya tontonan ini akan lebih aman apabila di tablet/hp si anak terpasang aplikasi Youtube yang dikhususkan untuk anak, yaitu Youtube Kids.

Berikut adalah 5 Channel Youtube Interaktif, Edukatif dan Lucu untuk Anak-Anak

Omar dan Hana (https://www.youtube.com/channel/UCiZL26ScfRZDdEAkkPJgJbA/)


Channel yang berasal dari Malaysia ini memberikan tontonan edukasi untuk anak-anak sambil disertai lagu-lagu yang menarik. Tokoh utama dalam serial ini adalah Omar & Hana, keluarga serta rekan-rekan menyanyi, dalam video yang diunggah tersebut banyak sekali edukasi sambil bermain dengan lagu-lagu islami.

BabyBus (https://www.youtube.com/channel/UC5v3gjCQLFeg8eBXO7ShdpQ/)


Baby Bus berfokus untuk menginspirasi minat anak-anak dalam belajar dan menciptakan masa kecil yang bahagia bagi anak-anak. Melalui produksi sajak klasik 2D / 3D, lagu anak-anak dan cerita animasi, anak-anak berusia 2 hingga 5 tahun dapat memiliki pengalaman belajar yang menarik. Sambil bernyanyi dan menari, anak-anak dapat mempelajari kebiasaan yang baik, keamanan, huruf, warna, angka, dan pengetahuan lainnya.

Baby Bus, pendidikan prasekolah yang disukai 300 juta pengguna rumah tangga di dunia, pakar pendidikan prasekolah di sekitar Anda. Membantu Anak: Berpikir Independen, Membangun Rasa Percaya Diri, Menghormati Orang Lain,Menjelajahi Dunia. Selain berbahasa Indonesia, channel ini juga memiliki channel cabang dari berbagi negara.

Riko The Series (https://www.youtube.com/channel/UCHzkGRP2y-3QJQWzVkHNGgg/)


Riko merupakan anak laki-laki yang selalu penuh semangat, suka penasaran, menjelajah, meneliti sesuatu dan mencoba hal-hal yang baru (terkadang juga usil). Dalam channel nya ini Riko selalu ditemani bermain oleh Robotnya bernama Qiio. Hal yang menarik dari channel ini adalah selalu memberikan pesan diakhir video yang berupa surah (bacaan beserta artinya). Bisa dibilang Riko ini memberikan edukasi dari Quran.

Riri Cerita Anak Interaktif (https://www.youtube.com/channel/UC7GZguUCh8gdEs-VKhWqkWA)


Riri Cerita Anak Interaktif adalah sebuah channel yang menyajikan animasi untuk anak-anak. Mengangkat berbagai dongeng, cerita rakyat, fabel dan cerita buatan tim RIRI sendiri. Cerita yang diangkat merupakan cerita dongeng umum yang disajikan dalam bentuk animasi 2D yang sangat apik. Tiap-tiap cerita dalam video selalu diakhiri dengan kuis dan pesan moral berdasarkan cerita yang bersangkutan.

Nussa Official (https://www.youtube.com/channel/UCV2jNjJEtO0Hr3b1Es3xPJg/)


Channel ini mungkin bisa menjadikan tontonan yang berkualitas untuk anak-anak, kehadiran Nussa bersama saudarinya bernama Rara ini selalu menunjukkan sikap yang berbakti kepada orang tua, serta kehidupan keluarga yang penuh dengan keharmonisan dan penuh rasa haru. Channel Nussa Official merupakan channel tontonan anak islami yang cocok mengedukasi anak-anak dalam bersikap baik, sopan dan latihan menjalankan kegiatan agama seperti sholat, puasa, sedekah dan lainnya.