Menu

Fakta Unik Boneka Barbie yang Tidak Banyak Diketahui Orang


KURANEWS.ID - Boneka Barbie memang sudah sangat terkenal, namun tidak banyak orang yang mengetahui fakta unik mengenai boneka tersebut. Boneka yang menjadi mainan favorit kalangan anak-anak perempuan ini sudah dikenal di seluruh dunia. Meski hanya sebatas boneka, mainan ini tetap seru untuk dimainkan. Boneka Barbie dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Mattel. Kepopulerannya membuat banyak orang penasaran mengenai fakta boneka ini. Berikut adalah fakta unik boneka Barbie yang begitu terkenal itu.

Fakta Unik Boneka Barbie, Boneka Asal Amerika

Kepopulerannya Tidak Pernah Redup

Meski sudah bermunculan berbagai game baik digital maupun sejenisnya, Boneka Barbie memiliki kepopuleran yang tinggi. Hal ini bisa dilihat dengan masih banyaknya penjual mainan yang menawarkan boneka ini. Perlu diketahui, Boneka Barbie pertama kali diproduksi pada tahun 1959 dan hingga kini masih populer menjadi mainan anak-anak. Bentuknya yang unik dan selalu berubah-ubah menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Fakta unik dunia ini memang tidak bisa dibantahkan lagi. 

Kisah Cinta Yang Menarik

Meski hanya sebatas mainan, Boneka Barbie memiliki kisah kehidupan yang menarik. Diceritakan Barbie memiliki kekasih bernama Ken Carson. Hubungan keduanya berlangsung cukup lama, hingga akhirnya memutuskan untuk berpisah. Alasannya karena keduanya sering putus nyambung saat menjadlin hubungan. Mattel sebagai perusahaan yang memproduksi boneka ini memang memiliki cara tersendiri untuk memikat ketertarikan banyak orang. Maka tidak heran jika boneka ini tetap disukai, bahkan oleh orang dewasa sekalipun. 

Sempat Mendapatkan Masalah

Fakta unik dunia yang satu ini mungkin tidak banyak orang yang mengetahui. Pada saat Mattel bekerjsama dengan Nabisco Oreo Cookies, perilisan Boneka Barbie sempat dipermasalahkan. Pasalnya pada versi ini terdapat dua boneka yang dirilis, yang pertama berwarna hitam dan yang kedua putih. Pihak pemroduksi mengklaim tujuan dibuatnya dua boneka dengan warna yang berbeda untuk menghargai perbedaan ras. Namun justru dipersoalkan karena dinilai merendahkan wanita berkulit hitam. Ras memang menjadi hal yang sensitif, hingga Mattel akhirnya memutuskan untuk tidak menjual versi ini lagi. 

Menjadi Boneka Termahal

Bagi beberapa orang, sepertinya hal ini masih belum bisa dipercaya. Bagaimana bisa sebuah boneka mainan bisa dihargai dengan uang sebesar Rp. 4 miliar. Stefano Canturi Barbie merupakan Boneka Barbie dengan harga termahal di dunia. Harganya yang mahal ini ternyata dipengaruhi oleh adanya kalung serta cincin berlian pada boneka tersebut. Terdapat berlian putih 3 karat dan berlian pink emerald 1 karat membuat boneka ini sangat mahal. 

Pernah Pergi Ke Luar Angkasa

Pada tahun 1965, Boneka Barbie pernah dibawa untuk pergi ke luar angkasa. Pada saat itu, Neil Armstong menjadi orang dibalik suksesnya boneka ini menuju bulan. Pada saat itu memang kepopuleran boneka ini membuat siapapun tertarik untuk membawanya. Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa hal ini menjadi salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh Mattel untuk lebih mempopulerkan Boneka Barbie. 

Berhijab

Mattel benar-benar ingin menyatukan segala perbedaan ras maupun agama pada produknya. Hal ini terbukti dengan perilisan Boneka Barbie yang berhijab pada tahun 2018 lalu. Boneka ini ternyata terinspirasi dari Ibtihaj Muhammad yang merupakan pemain anggar asal Amerika. Meski profesinya sebagai atlet, ia tetap menggunakan hijab pada saat bertanding. 

Itulah beberapa fakta unik dunia mengenai Boneka Barbie. Dari beberapa fakta unik mengenai Boneka Barbie diatas, manakah yang baru saja kalian tahu?