7 Ikan Hias Akuarium yang Populer dan Mudah Dipelihara


KURANEWS.IDMacam-Macam Ikan Hias Akuarium yang Populer dan Mudah Dipelihara | Macam-macam ikan hias akuarium dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mempercantik ruangan. Apalagi jika melihat ikan hias yang corak dan bentuknya sangat cantik serta memiliki warna yang beragam, tentunya dapat menenangkan pikiran dan mengubah mood menjadi lebih senang.

Kali ini KURANEWS telah merangkup deretan Macam-Macam Ikan Hias Akuarium yang Populer dan Mudah Dipelihara, diantranya adalah sebagai berikut :

1. Ikan Cupang


Macam-macam ikan hias yang paling populer dan mudah dipelihara salah satunya adalah ikan cupang. Dibandingkan dengan ikan mas koki, ikan cupang memiliki ukuran yang lebih kecil.

Keunggulan dari ikan Cupang terletak pada siripnya yang memiliki aneka warna. Ikan Cupang memiliki berbagai macam perpaduan warna seperti hitam, merah putih, kuning, ungu, dan biru.Selain cocok dijadikan sebagai ikan hias, ikan Cupang juga bisa dijadikan sebagai ikan aduan. Hal ini dikarenakan ikan Cupang memiliki gerakan tubuh yang cukup agresif dan lebih suka menyerang ketika bertarung. 

Ikan Cupang juga dikenal memiliki umur yang panjang. Namun, ikan ini merupakan ikan yang individualis dan tidak dapat dicampur dengan ikan hias lain di dalam satu akuarium.

2. Ikan Mas Koki


Macam-macam ikan hias akuarium yang selanjutnya adalah ikan mas koki. Dijuluki sebagai ikan model, ikan mas koki merupakan pilihan utama sebagai peliharaan di akuarium. Kamu bisa memelihara ikan mas koki di akuarium berukuran besar maupun sedang. Ikan mas koki dikenal juga dengan sebutan Goldfish. Ikan mas koki sendiri memiliki beragam jenis. 

Di dunia, dikenal 130 macam goldfish yang dibudidayakan sebagai ikan hias air tawar. Ikan ini membutuhkan ruang luas untuk hidup karena kebutuhan akan oksigen, jadi kamu tidak bisa memelihara ikan mas koki di akuarium kecil yang biasa digunakan untuk cupang.

3. Ikan Guppy


Ikan Gupi juga termasuk ke dalam macam-macam ikan hias yang cocok menghiasi akuariummu. Ikan Gupi hias memiliki bentuk dan warna fisik menarik. Keindahan Ikan Gupi dapat dilihat dari sirip dan ekornya yang merumbai panjang, mirip ikan Cupang.

Warna Ikan Gupi tidak kalah dengan ikan hias air tawar berukuran kecil lainnya. Warna ikan Gupi juga sangat bervariasi.

4. Ikan Arwana


Ikan Arwana juga termasuk ke dalam macam-macam ikan hias akuarium yang populer dan banyak diminati. Ikan hias satu ini memiliki banyak peminat dikarenakan memiliki corak sisik yang unik dan cantik. Ikan hias ini sangat disukai karena memiliki ciri khas tersendiri. Ikan Arwana memiliki dua buah sungut di bawah bibirnya. Sungut pada ikan Arwana bukan sebatas hiasan semata. 

Akan tetapi, sungut pada ikan Arwana memiliki fungsi sebagai sensor getar yang digunakan untuk mengetahui poisisi mangsa. Uniknya lagi, ikan Arwana ini memiliki gerakan yang meliuk-liuk serta sisik yang gemerlap memantulkan cahaya. Inilah yang membuatnya nampak elegan.

5. Ikan Koi


Ikan hias Koi juga sangat populer di kalangan pecinta ikan hiar air tawar akuarium. Hal ini dikarenakan ikan Koi memiliki warna corak yang sangat indah. Namun, biasanya orang memelihara ikan koi ini di dalam kolam. Kamu pastinya sering sekali melihat kolam ikan yang dipenuhi oleh ikan koi.

Memiliki warna yang beragam dan bisa hidup bersama-sama menjadi salah satu daya tarik terbesar ikan koi. Melakukan perawatannya pun cukup mudah karena bisa memberikan makanannya sekali tabur untuk banyak ikan.

6. Ikan Komet


Macam-macam ikan hias yang bisa kamu pelihara selanjutnya adalah Ikan Komet. Ikan ini cukup populer karena memiliki warna tubuh yang beraneka ragam dan gerak tubuhnya yang cukup atraktif.

Berbeda dengan Cupang, Komet merupakan ikan yang cukup ramah. Ikan ini dapat beradaptasi di segala lingkungan dan hidup berdampingan bersama jenis ikan lain di akuarium.

7. Ikan Louhan


Macam-macam ikan hias yang punya keunikan lainnya adalah Ikan Louhan. Louhan merupakan ikan hias yang terkenal dengan warna sisik dan benjolan yang khas di kepalanya. Ya, salah satu daya tarik ikan ini memiliki banyak peminat karena adanya benjolan yang ada di kepalanya.

Tak heran, kalau banyak pecinta ikan hias yang menjadikan Louhan sebagai peliharaan. Selain keunikannya tersebut, ikan Louhan juga sangat menguntungkan karena bisa dijadikan sebagai lahan bisnis. Semakin besar benjolan pada kepalanya, maka semakin mahal harga jualnya.

Selain menambah keindahan, memelihara ikan hias di akuarium juga tidak sulit. Dari ikan hias yang berukuran besar seperti arwana, hingga ikan hias yang paling kecil yaitu ikan cupang bisa kamu pelihara di akuarium sebagai penghias ruangan.

Macam-macam ikan hias akuarium yang populer biasanya juga mudah dipelihara. Selain itu, kamu juga tidak perlu ruangan yang begitu besar untuk akuarium tersebut. Memelihara ikan hias di kolam juga bisa menjadi alternatif menyenangkan.

Itulah macam-macam ikan hias populer yang mudah dipelihara. Kamu bisa memilih ikan hias yang paling kamu suka untuk dipelihara nantinya.
Lebih baru Lebih lama