Menu

Bisnis yang Cocok Dijalankan oleh Anak SMA Maupun Mahasiswa


KURANEWS.ID - Masa abu-abu dan masa perkuliahan merupakan kedua hal memiliki masa kenangan terindah. Zaman dimana kamu masih leluasa untuk happy-happy nya, namun tak sedikit dari kedua masa-masa ini sering dijumpai sebuah usaha atau bisnis yang dilakukan oleh anak SMA maupun Mahasiswa.


Sembari menuntut ilmu, mereka juga mendapatkan penghasilan dari usaha atau bisnis yang dijalankan tersebut. Nah, usaha atau bisnis apakah yang cocok buat kamu yang lagi masa SMA ataupun lagi kuliah? Berikut adalah Usaha atau Bisnis yang cocok dijalankan Anak SMA dan Mahasiswa.

[1] Usaha atau Bisnis untuk Anak SMA

Sebagai pelajar khususnya dalam jenjang Sekolah Menengah Atas kita diwajibkan untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Namun jika kita ingin benar-benar mempersiapkan masa depan dengan baik, tentunya belajar yang akan kita lakoni tidak hanya belajar dengan duduk di atas meja atau kursi bukan?

Belajar memanglah bekal untuk masa depan, namun belajar untuk berbisnis juga bekal yang sama pentingnya untuk merajut masa depan. Berbisnis selagi masih muda akan memupuk jiwa bisnis dan mental pebisnis yang mana sehingga suatu saat jika sudah di bangku perkuliahan atau bahkan sudah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), kamu akan dengan mudah membangun sebuah bisnis yang benar-benar dapat dikembangkan menjadi lebih besar.

a. Penulis

Kegiatan menulis dan membaca sudah pasti dilakukan oleh anak Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam kesehariannya. Mengapa tidak menggeluti kegiatan menulis? Jika kamu hobi menulis dan ingin mengembangkan bakat menulismu, kamu bisa mencoba menjadi seorang penulis anak Sekolah Menengah Atas (SMA). Kamu bisa menulis sebuah novel ataupun cerpen yang berkaitan dengan cerita cinta, fiksi, atau ilmu pengetahuan. Lalu tawarkanlah tulisanmu ke penerbit. Banyak sekali buku-buku novel atau cerpen yang ditulis oleh anak Sekolah Menengah Atas (SMA). Jika kamu benar-benar serius dalam menulis, suatu saat nanti setelah berkuliah kamu bisa mengembangkan ide bisnis tersebut.

b. Reseller

Reseller atau penjual online saat ini sedang booming-boomingnya. Bagi anak Sekolah Menengah Atas (SMA ) zaman sekarang sudah pasti mengenal dunia internet dan memiliki Smartphone. Nah, kamu bisa memulai berbisnis menjadi reseller secara online. Reseller merupakan menjual kembali suatu produk yang dilakukan oleh penjual setelah penjual membelinya. Reseller bisa menjual berbagai jenis barang. Seperti baju, produk kecantikan, peralatan masak, kebutuhan rumah tangga, sampai sesuatu yang privasi seperti produk suami istri. Nah, disini kamu bisa memilih mana yang sekiranya cocok untuk kamu jual kembali, sesuaikan minat dan hobby kamu. Info lainnya mengenai reseller bisa kamu searching dan cari referensi di internet.

c. Agen Pulsa

Siapa yang tidak kenal pulsa? Teman-teman kamu pastilah sekarang sudah punya smartphone, dimana mereka pasti memerlukan pulsa. Dengan menjadi agen pulsa, kamu bisa memberitahukan kepada teman kamu bahwa beli pulsa gak perlu jauh-jauh, cukup ke kamu aja. Namun perlu diingat, bedakan antara teman dan pembeli ya… jangan sampai bisnis kamu terhambat karena adanya seorang teman yang sering hutang sama kamu. Teman ya teman, pembeli ya pembeli.

d. Memanfaatkan Skill yang kamu miliki

Waktu SMA pasti sudah ada beberapa diantara kamu yang sudah memiliki skill, seperti design grafis, editing foto, service gadget, sablon, atau skill lainnya yang menguntungkan untuk dijadikan usaha. Kamu bisa membuka sebuah lapangan usaha kecil-kecilan dirumah kamu. Mengenai modal kamu bisa pinjam ke orang tua, jika sudah balik modal kamu tinggal mengganti biaya yang kamu pinjam dari orang tua kamu, selanjutnya kamu tinggal memanajemen usaha kamu agar berkembang lebih maju.

[2] Usaha atau Bisnis untuk Mahasiswa

Mahasiswa, merupakan istilah bagi pelajar yang sedang melanjutkan jenjang pendidikan setelah lulus SMA, dimana mereka lebih suka menyebut sekolahnya dengan istilah Kampus. Hehe.. Tak sedikit dari beberapa Mahasiswa juga menciptakan sebuah peluang untuk mendapatkan penghasilan sembari mereka mengerjakan tugas-tugas kuliah. Nah, berikut adalah usaha atau bisnis yang cocok untuk kamu yang lagi kuliah.. ciyee Mahasiswa

a. Bisnis Kursus Private

Bisnis kursus private merupakan bisnis sampingan yang tidak memerlukan modal. Namun bisnis ini sangat menuntut mahasiswa yang menjalankannya mempunyai keterampilan dan keahlian khusus. Misalnya saja bisnis kursus private Bahasa Inggris, paling cocok bagi mahasiswa jurusan Bahasa Inggris. Kursus Bahasa Inggris banyak dicari orang tua murid, karena Bahasa Inggris diajarkan sejak pendidikan dasar dan diujikan pada UN (Ujian Nasional). Ini merupakan ladang emas yang sebaiknya dicoba bagi mahasiswa.

b. Bisnis Jasa Penulisan

Bisnis Ini merupakan bisnis yang bisa dikerjakan secara online, mahasiswa yang hobi menulis. Selain menjadi penulis online mahasiswa dapat juga mencoba menjadi kontributor sebuah situs online. Bahkan mahasiswa dapat membuka jasa penulisan online, kemudian mempromosikannya ke media sosial. Jika tulisan Sobat enak di baca manusia dan mesin pencari google, para pelanggan akan memberi nilai plus (+) untuk bisnis online Sobat.

c. Bisnis Jasa Penerjemah

Bisnis jasa penerjemah merupakan bisnis sampingan yang cocok dijalankan bagi mahasiswa jurusan bahasa, baik Bahasa jepang, Bahasa inggris, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin dan maupun bahasa lainnya. Bisnis ini tidak perlu membutuhkan modal, hanya membutuhkan keterampilan dan kefasihan berbahasa asing saja. Bahkan Sobat dapat mulai menawarkan jasa penerjemahan kepada mahasiswa lain yang berbeda jurusan, seperti jurusan IT (Teknologi Informasi) dan jurusan lainnya.

d. Jasa Pembuatan Online Shop

Bisnis jasa pembuatan Online Shop merupakan bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa IT (Teknologi Informasi). Jasa yang ditawarkan ini berhubungan dengan mata kuliah pemrograman web, sehingga mahasiswa dapat mencari uang sekaligus mempraktikkan materi yang didapatkan di bangku perkuliahan. Bisnis online ini sangat ramai karena mempunyai keuntungan finansial yang sangat besar. Sebab saat ini banyak kalangan orang yang menjual barangnya secara online. Sehingga Online Shop dengan tampilan yang elegan, akan menambah kepercayaan calon pembeli.

e. Jasa Design Grafis

Bisnis jasa desain grafis merupakan bisnis yang memerlukan modal yang sangat kecil. Namun bisnis ini menuntut ketrampilan mengoperasikan software, misalnya saja photoshop untuk membuat desain grafis. Bisnis ini memiliki prospek yang sangat cerah, karena banyak orang yang membutuhkannya, jasa desain kaos, tugas desain grafis dari teman, jasa desain website, jasa edit foto dan jasa desain lainnya, khususnya dari orang yang suka desain atau seni.

Itulah mengenai “Usaha atau Bisnis yang cocok dijalankan Anak SMA dan Mahasiswa”, semoga setelah kamu membaca artikel ini, kamu memiliki pandangan mengenai usaha atau bisnis apa yang nantinya kamu minati. Jadikan diri kamu menjadi pribadi yang mandiri dalam mencari penghasilan sendiri, buktikan kepada orang tuamu bahwa kamu layak dibanggakan meski masih berada di SMA ataupun Kuliah.