11 Manfaat Mandi di Sepertiga Malam, Rugi Jika Tak Menunaikannya

KURANEWS.ID - Sedikit cerita mengenai kebiasaan mandi di sepertiga malam yang saya alami, kebiasaan ini berawal dari rutinitas yang cukup membosankan di malam hari, rutinitas tersebut adalah menunggu air PDAM keluar setiap 3 hari sekali. Ya karena kebetulan saya tinggal di perumahan yang berada di dataran tinggi bukan pegunungan, sehingga agak sulit untuk mendapatkan aliran air PDAM. Pompa PDAM harus super kuat untuk bisa mengaliri air ke tempat yang saya diami.


Aliran air PDAM yang dijadwalkan keluar setiap 3 hari sekali dan kebetulan jadwal pengaliran air di tempat saya adalah malam hari, membuat saya harus tidur sore dan bangun di tengah malam. Ketika gemercik air itu keluar, girangnya luar biasa. Saya bergegas untuk mengambil baju-baju kotor di keranjang yang belum sempat dilaundry untuk segera dicuci. Selesai mencuci pakaian-pakaian kotor, saya lanjut mandi di sepertiga malam, kemudian ambil wudhu untuk melakukan kebiasaan sebagaimana dilakukan umat islam lainnya di sepertiga malam.

Manfaat Mandi di Sepetiga Malam

Manfaat Mandi di Sepertiga Malam
Ternyata, kebiasaan mandi di sepertiga malam, jika ditinjau dari kesehatan dan penelitian kesehatan memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah
  1. Membuat tubuh terasa lebih segar serta bersemangat,
  2. Membuat badan lebih sehat dan awet muda,
  3. Merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan menjadi lebih aktif,
  4. Membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat,
  5. Melancarkan peredaran darah,
  6. Meningkatkan sel darah putih,
  7. Menurunkan resiko darah tinggi,
  8. Meningkatkan kesuburan,
  9. Memperbaiki kesehatan jaringan tubuh,
  10. Membuat rambut lebih sehat,
  11. Meredakan depresi.
Kebiasaan mandi di sepertiga malam ini sering disebut dengan mandi fajar, manfaat mandi fajar sangat besar bagi kesehatan jaringan tubuh manusia. Mandi fajar dapat membuat kulit menjadi lebih kenyal, selain itu mandi di sepertiga malam juga berpengaruh pada kejiwaan, kebiasaan mandi seperti ini memiliki efek relaksasi pada tubuh.

Manfaat Mandi di Sepertiga Malam menurut Cendikiawan Muslim

Menurut beberapa cendikiawan muslim, Rasulullah S.A.W dalam menjaga kesehatan, beliau mengamalkan mandi di sepertiga malam sekitar pukul 2-3 dini hari. Dari sudut agama, mandi di sepertiga malam memiliki keutamaan yang rugi jika ditinggalkan, keutamaan tersebut yaitu:

1. Orang yang mandi di sepertiga malam terhindar dari penyakit asma
2. Orang yang rutin mandi di sepertiga malam akan terhindar dari sihir, baik dari jin atau manusia.
3. Orang yang mandi di sepertiga malam akan memiliki wajah bercahaya
4. Orang yang rutin melakukan mandi di sepertiga malam, insyaAllah doanya mustajabah.

Demikian 11 manfaat mandi di sepertiga malam, rugi jika tidak menunaikannya, semoga sedikit sharing ini bisa diambil manfaatnya.
Lebih baru Lebih lama