Menu

Tips Terbaik untuk Memulai Bisnis Kuliner Rumahan

Perkembangan zaman sangatlah cepat dan pesat. Semua aspek kehidupan mengalami kemajuan pun demikian dengan perkembangan bisnis kuliner yang saat ini sudah sangat mengalami progres yang signifikan. Bagaimana tidak? Saat ini coba kita lihat para pegawai kantoran terutama yang bekerja di daerah wilayah Ibukota Jakarta. Hampir seluruh pegawai kantoran mengaku enggan untuk keluar kantor karena faktor cuaca ataupun kemacetan ibukota yang bisa memakan waktu hingga berjam-jam apabila memutuskan untuk makan diluar. Disitulah peran jasa pengantaran termasuk jasa pengantaran kuliner yang sangat dibutuhkan oleh para pekerja kantoran tersebut.

Image by Steve Buissinne from Pixabay


Dari segi produsen, atau pemilik kuliner pasti akan diuntungkan dengan adanya ojek online yang sudah menjamur di berbagai wilayah Indonesia ini. Banyak sekali pebisnis makanan yang mendulang keuntungan yang berlapis dengan adanya sistem antar via pihak ketiga ini. Diantaranya:

  • Produsen bisa memotong biaya pengiriman, karena memang ongkos ditanggung sepenuhnya oleh pembeli.
  • Menghemat pengeluaran dalam hal kebersihan. Pemilik bisnis kuliner rumahan cukup menyediakan plastik atau styrofoam untuk para pelanggan.
  • Memangkas biaya sewa tempat usaha mengingat memulai usaha hanya dari rumahan.

Pendapatan akan bertambah sangat signifikan jika melihat faktor ini.

  • Membuka peluang kerja baru bagi para ojek online.
  • Dan berbagai alasan lainnya yang menguntungkan pedagang.

Memulai bisnis rumahan dengan modal rumahan?

Tak ada yang mustahil jika kita memulainya. Karena memang semua akan bisa terwujud asalkan mempunyai tekad yang kuat serta bisa melihat peluang untuk dapat memulainya. Bagi mereka yang sudah melek terlebih dahulu pasti akan mengatakan bahwa memang memulai bisnis ini dengan tekad yang mantap dan strategi untuk bisa menggapai peluang yang ada di depan mata ini. Walaupun memang tidak sedikit pebisnis yang harus menutup usaha mereka disebabkan hanya bermodalkan nekad tanpa ada persiapan yang matang. Lalu bagaimana sekiranya yang harus dipersiapkan?


Tekad untuk memulai

Disini, anda diwajibkan untuk bisa memikirkan matang matang apa sekiranya makanan atau kuliner apa yang ingin dikejar. Patut di ingat bahwa jangan menjadi pengikut yang tidak mempunyai visi kedepannya. Seperti contohnya es kepal milo, produk ini hanyalah produk musiman yang mudah dilupakan orang. Anda bisa riset kuliner apakah yang sekiranya bisa tahan lama dan masih di gandrungi sampai sekarang. Contohnya : Bakso, ayam goreng, dan kudapan.

Prediksikan pembeli

Jangan menganggap pebisnis kuliner besar tidak akan melalui proses yang sebentar. Bisa dipastikan mereka semua pasti akan membaca peluang kira kira siapa saja yang akan membeli produk kita ini. Coba cek tetangga kita dan lihat seberapa banyak rumah makan, warung, atau cafe yang berumur panjang. Jika jumlahnya lumayan banyak, berarti daya beli wilayah anda tergolong tinggi. Namun jika tidak terlalu baik, bisa saja anda memulainya dengan promosi yang lumayan mengeluarkan kocek.



Buat kemasan semenarik mungkin

Baik dari segi gambar yang akan terpampang di aplikasi ojek online, sampai kemasan makanan harus anda pikirkan dengan matang. Sebab ada istilah love at first sight yang bisa jadi ada benarnya. Di beberapa kasus, ada pembeli yang tertarik karena melihat gambar yang menarik dan ketika di bungkus, bisa menjadi nilai tambah bagi anda.

Rasa

Jangan pernah meremehkan pembeli yang kecewa. Sebab, sekali pembeli anda kecewa, itu berarti anda sudah mengecewakannya selamanya. Belum lagi jika pada akhirnya akan cerita ke teman-temannya. Hal ini sangatlah penting bagi pebisnis kuliner rumahan pemula.