5 Bisnis Sampingan yang Bisa Dijalankan Oleh Seorang Blogger #Bagian 2


KURANEWS ~ Menjadi seorang Blogger adalah sebuah pilihan, mau dipelajari ataupun tidak itu bebas. Namun ketika seseorang masuk kedalam dunia Blogger, maka menggeluti dunia maya dan berbisnis didalamnya adalah hal yang tidak bisa lepas dari kegiatan Blogger tersebut. Mencari keuntungan di dunia maya memang gampang-gampang susah tergantung bagaimana cara kita menggelutinya. Karena apabila bisnis dalam dunia Blogger ini digeluti dengan sungguh-sungguh, maka penghasilannya bisa lebih besar dari gaji PNS.

Meskipun sebenarnya bisnis ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan, namun janganlah menganggap remeh penghasilannya. Berikut adalah 5 Bisnis Sampingan yang Bisa Dijalankan Oleh Seorang Blogger #Bagian 2.

1. Jual Template

Punya skill edit template blog? Jika iya maka bisnis ini bisa kalian manfaatkan dengan cara membuat template blog (blogger/worpress) yang nantinya bisa dijual kepada Blogger Indonesia.

2. Jual Script / File Backup

Jasa backup atau jual script juga sangat marak terjadi di kalangan blogger, bisnis ini menawarkan kepada calon pembeli untuk mendapatkan file hasil backup-an. Seperti backup Artikel Anime, Film, Kesehatan, Teknologi, Game dan sebagainya. Ada pula yang menawarkan script grabber mp3 maupun film / streaming online.

3. Sebagai Publisher Iklan

Bisnis yang selanjutnya adalah sebagai Publisher Iklan, disini kalian hanya tinggal memasang kode iklan dari advertising supaya iklan dapat tampil di blog kalian. Namun untuk mendapatkan hasil yang besar dari periklanan ini kalian sebaiknya memiliki traffik yang cukup tinggi supaya iklan dapat menjangkau audien yang banyak dan mendapatkan jumlah klik yang besar.

Beberapa periklanan yang saat ini popular diikuti adalah periklanan Google Adsense, namun untuk menjadi Publisher Google Adsense harus memiliki blog yang sesuai dengan TOS Google Adsense.

4. Sebagai Penulis di Situs Berita

Ingin menulis tema diluar topik blog pribadi? Maka menjadi Penulis di Situs Berita menjadi langkah tepat untuk menyalurkan hobi menulis dengan tema general/umum. Salah satu contoh situs berita yang dapat memberikan penghasilan adalah seperti situs JalanTikus maupun UCNews. Dengan menulis disana kalian akan mendapatkan bayaran.

5. Berpartisipasi dalam Kompetisi Blog / Kontes SEO

Memiliki skill menulis juga bisa kalian manfaatkan dengan cara mengikuti kompetisi blog ataupun kontes SEO. Dalam kompetisi blog biasanya yang dinilai adalah keterampilan bahasa dalam menyampaikan sebuah topik, keunikan tulisan, serta gaya bahasa yang digunakan mudah diterima atau tidak, sedangkan untuk Kontes SEO biasanya yang dinilai adalah posisi ke berapa blognya dalam SERP Google berdasarkan kata kunci yang sedang diperlombakan.

Informasi lebih jelas mengenai perbedaan kompetisi blog dan kontes seo ini bisa dibaca pada artikel berikut : Perbedaan Lomba Menulis, Kompetisi Blog dan Kontes SEO

Lebih baru Lebih lama