5 Bisnis Sampingan yang Bisa Dijalankan Oleh Seorang Blogger #Bagian 1



KURANEWS ~ Menjadi seorang Blogger adalah sebuah pilihan, mau dipelajari ataupun tidak itu bebas. Ketika seseorang masuk kedalam dunia Blogger akan bertemu dengan peristiwai dunia maya dan berbisnis didalamnya. Hal tersebut tidak bisa lepas dari kegiatan Blogger. Mencari keuntungan di dunia maya memang gampang-gampang susah tergantung bagaimana cara kita menggelutinya. Karena apabila bisnis dalam dunia Blogger ini digeluti dengan sungguh-sungguh, maka penghasilannya bisa lebih besar dari gaji PNS.

Meskipun sebenarnya bisnis ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan, namun janganlah menganggap remeh penghasilannya. Berikut adalah 5 Bisnis Sampingan yang Bisa Dijalankan Oleh Seorang Blogger #Bagian 1.

1. Content Placement

Content Placement merupakan bisnis yang sering diminati oleh para Blogger saat ini, dengan bermodalkan Blog berkualitas saja, sudah bisa meraih keuntungan yang cukup besar apabila pesanan content placement laris. Cara kerja dari content placement ini adalah sang pemilik Blog cukup menerbitkan artikel yang diterima dari pemasang content placement.

Sebagai gambarannya adalah sebagai berikut :
Ada pihak marketing produk A, mereka ingin produk A miliknya dipublikasi di blog milik kita. Sehingga mereka membuatkan artikel tentang produk A dan dikirim ke kita.. Kita tinggal publikasi artikel saja. Biasanya didalam artikel tersebut sudah ditanamkan backlink yang mengarah ke situs produk A.

Untuk jenis Content Placement ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Publish by One dan Create by One. Untuk penjelasan kedua jenis ini, bisa dibaca selengkapnya melalui artikel dibawah ini :

Apabila kalian memiliki blog yang berkualitas dan sudah memiliki branding sendiri maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis Content Placement, tawarkan blogmu pada beberapa perusahaan yang ingin jasa maupun produk mereka dipromosikan.

2. Menjual Backlink

Jika Content Placement adalah menerbitkan artikel disertai backlink, maka menjual backlink adalah cukup menempatkan backlink pada sebuah blog dan tidak diperlukan artikel yang mempromosikan suatu jasa atau produk tersebut secara mendetail. Bisa dibilang untuk bisnis sampingan ini adalah cuma meletakkan link didalam sebuah artikel dengan cara bermain implementasi sebuah kata.

Sebagai gambarannya adalah sebagai berikut :
Ada produk Air Mineral A, ingin mendapatkan backlink dari situs besar yang membahas topik game. Maka Pemilik Blog bisa bermain implementasi kata pada salah satu bagian akhir artikelnya seperti ini :
Jika kalian merasa haus ketika bermain game maka jangan lupa minum Air Mineral A.

Pada teks "Air Mineral A" tersebut bisa disisipkan sebuah backlink yang mengarah ke situs Air Mineral A. Sehingga dengan cara seperti ini, sebuah jasa atau produk bisa mendapatkan backlink meskipun diletakkan pada artikel yang tidak relevan.

Apabila kalian memiliki blog berkualitas dan sudah ternama, maka tak ada salahkan untuk membuka jasa pasang backlink ini.

3. Jasa Optimasi Blog

Bisnis yang selanjutnya adalah mengenai Jasa Optimasi Blog, bisnis ini biasanya menawarkan optimasi pada blog-blog yang masih baru dan membutuhkan ekstra optimasi seperti tampilan blog, responsif blog, kecepatan blog, loading blog, waktu muat blog, kinerja blog, On Page, Off Page, Compress HTML/CSS dan lain sebagainya yang tujuannya supaya blog mudah ditemukan di penelusuran Google dan cepat diakses.

Untuk menjalankan bisnis jasa ini diperlukan pengetahuan tentang SEO (Search Engine Optimization), Bahasa Pemrograman seperti HTML, CSS maupun JS, serta memahami tentang penggunaan meta tag, keyword, analytic, page speed, render, webmaster, anchor dan sebagainya.

4. Jasa Redesign Template Blog

Bisnis ini menawarkan untuk merombak tampilan template blog yang masih sederhana, jadul, kurang menarik atau bahkan berantakan menjadi template yang unik, beda, rapi dan anti mainstream.

Untuk menjalankan jasa ini diperlukan pengetahuan tentang Bahasa Pemrograman HTML, CSS maupun JS agar template yang didesain bisa direalisasikan sesuai pesanan.

5. Jual Akun Blog + Adsense

Bisnis yang satu ini menargetkan para blogger yang ingin mendapatkan akun blog + adsense secara instan. Banyak sekali blogger muda yang ingin mendapatkan Adsense agar segera memiliki penghasilan dari dunia maya, salah satunya melalui jalan Adsense, namun kadangkala banyak sekali yang memilih jalan pintas dengan cara membeli akun blog + adsense, karena lebih instan dan tinggal pakai saja tanpa perlu dipusingkan dengan pengajuan dan review adsense lagi.

Untuk menjalankan bisnis ini tentunya diperlukan blog yang sudah memiliki banyak artikel dan sudah disetujui oleh Adsense, karena menjalankan bisnis ini haruslah punya stock akun blog dan adsense yang sudah siap dijual.
Lebih baru Lebih lama