Menu

Tips Menjaga Kesehatan Mata di Usia 20-an dan 30-an

Tips Menjaga Kesehatan Mata di Usia 20-an dan 30-an 

Tips untuk membantu menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an

Mata adalah investasi berharga yang diberikan Tuhan kepada makhluknya. Dengan mata yang sehat manusia bisa melakukan banyak hal yang berguna. Mata sangat berperan dalam kehidupan, oleh karena itu menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Namun, di era milenial ini, jarang orang menyadari jika telah menforsir kerja mata. Lihat saja, hampir semua aktivitas orang tidak lepas dengan gadget. Kebiasaan menatap layar gadget ini sangat tidak baik untuk kesehatan mata, apalagi saat usia 20an dan 30an meskipun pada dasarnya saat manusia di usia 20an dan 30an penglihatannya secara natural belum berubah seperti saat kecil. Hal ini jika dibiarkan akan membuat kesehatan mata menurun. Nah, untuk membantu menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an, berikut adalah beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan mata seiring bertambahnya usia Anda.

Makanlah dengan Diet Seimbang

Diet Seimbang untuk menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an
Untuk menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an, Anda bisa melakukan diet sehat, pilih makanan yang kaya antioksidan, seperti Vitamin A dan C; makanan seperti sayuran berdaun hijau dan ikan. Banyak makanan - terutama ikan berlemak, seperti salmon - mengandung asam lemak omega-3 esensial yang penting bagi kesehatan makula, bagian mata yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral.

Asupan antioksidan yang tidak memadai, konsumsi alkohol atau lemak jenuh dapat menciptakan reaksi radikal bebas yang dapat membahayakan makula - bagian tengah retina. Diet tinggi lemak juga dapat menyebabkan endapan yang menyempitkan aliran darah di arteri. Mata sangat sensitif terhadap hal ini, mengingat ukuran kecil dari pembuluh darah yang memberi gizi pada mata.

Olahraga

Olahraga untuk menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an
Olahraga dapat membantu menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an. Olahraga meningkatkan sirkulasi darah, yang meningkatkan kadar oksigen ke mata dan menghilangkan racun.



Tidur Nyenyak

Tidur Nyenyak untuk menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an
Dengan tidur nyenyak, Anda akan merasakan perbedaannya saat Anda tidur yang Anda butuhkan. Anda akan terlihat bersemangat dan luar biasa saat tampil di rumah atau di tempat kerja dan istirahat yang baik akan mendukung kesehatan mata Anda. hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an.

Cuci Tanganmu

Cuci tangan untuk menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an
Sesuatu yang kecil seperti cuci tangan terlihat sepele, namun dari sudut kesehatan mencuci tangan memiliki dampak yang luar biasa dalam kehidupan, apalagi dalam kaitannya dengan menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an. Menjaga tangan Anda tetap bersih sangat penting ketika menyangkut mata Anda, terutama jika Anda seorang pemakai lensa kontak. Sebelum Anda menyentuh mata Anda dan sebelum Anda memasukkan atau melepas lensa kontak, cuci tangan Anda dengan sabun lembut dan keringkan dengan handuk yang tidak berbulu. Beberapa kuman dan bakteri yang berasal dari tangan Anda dapat menyebabkan infeksi mata, seperti konjungtivitis bakteri (mata merah muda). Ketika Anda menyentuh mata Anda, apa pun yang ada di jari Anda langsung menuju permukaan mata Anda.

Jangan Merokok

jangan merokok untuk menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an
Merokok membuat mata Anda terkena stres oksidatif tingkat tinggi. Meskipun hubungannya belum diidentifikasi dengan jelas, diketahui bahwa merokok meningkatkan risiko berbagai kondisi kesehatan yang memengaruhi mata. Alangka baiknya Anda menghindari kebiasaan merokok, karena salah satu dari beberapa cara yang baik untuk menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an adalah menjaga mata dari serangan stres oksidatif.

Memakai Kacamata Hitam

Kacamata Hitam untuk menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an
Memakai kaca mata hitam dapat menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an. Kaca mata hitam berguna untuk melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya, pilihlah kacamata hitam dengan perlindungan UVA dan UVB. Selain itu Anda juga bisa mengenakan topi dengan pinggiran, tujuannya untuk mengurangi jumlah radiasi UV yang menyelinap di sisi kacamata hitam Anda.



Perangkat dan Cahaya Biru

Hindari perangkat cahaya biru untuk menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an
Anda mungkin menggunakan perangkat digital selama berjam-jam setiap hari di kantor dan di rumah. Perangkat ini membuat mata Anda terkena cahaya biru berenergi tinggi. Ini disebut cahaya biru karena panjang gelombang yang dipancarkan berada di dekat bagian yang lebih biru dari spektrum. Lutein & Zeaxanthin adalah nutrisi mata yang terkonsentrasi di makula dan membantu menyaring cahaya biru. Lutein dan Zeaxanthin tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita sendiri, sehingga mereka harus diperoleh melalui diet dan / atau suplemen.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan mata di usia 20-an dan 30-an ketika Anda menggunakan komputer Anda:
  • Pertahankan layar komputer Anda dalam jarak 20 "-24" dari mata Anda.
  • Jaga agar bagian atas layar komputer Anda sedikit di bawah level mata.
  • Sesuaikan pencahayaan untuk meminimalkan silau pada layar.
  • Sering berkedip.
  • Beristirahatlah setiap 20 menit untuk fokus pada objek yang berjarak 20 meter selama 20 detik.
  • Gunakan obat tetes mata pelumas (seperti Insto Dry Eyes, Bye Mata Kering) untuk menenangkan mata yang teriritasi dan kering.