4 Tips Cara Menyimpan Daging Supaya Tetap Segar


KURANEWS ~ Berbelanja daging memang memiliki kesan yang menarik karena apa yang kita peroleh nanti bisa dijadikan sebagai santapan yang lezat seperti opor ayam, sate, BBQ dan sebagainya. Selain mendapatkan santapan yang lezat nantinya, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara menyimpan daging yang segar agar dikesempatan lain kita bisa memasak kembali stock daging yang masih terjaga kondisi dan kesegarannya. Berikut adalah4 Tips Cara Menyimpan Daging Supaya Tetap Segar :

1. Jangan biarkan daging segar ada di suhu ruangan

Tips yang pertama adalah jangan biarkan daging berada pada suhu ruangan selama lebih dari dua jam. Karena itu, sepulang berbelanja, segeralah bersihkan daging dengan membuang bagian yang kotor. Alangkah baiknya jika menghindari mencuci daging dengan air keran, karena aliran air keran yang belum tentu bersih dapat menambah jumlah bakteri yang menempel pada daging. Proses pencucian juga bisa membuat vitamin B yang berada didalam daging menjadi berkurang karena sifatnya yang mudah larut dalam air.

2. Siapkan ruang di freezer

Siapkan ruang di freezer yang bersuhu minus 18 derajat Celcius untuk menekan pertumbuhan bakteri didalam daging. Daging yang terkontaminasi oleh bakteri akan lebih cepat membusuk dan menjadi sumber penyakit maupun gangguan kesehatan seperti mual, muntah, hingga diare. Daging bisa bertahan selama enam bulan jika disimpan pada suhu ini, namun semakin cepat diolah dan dikonsumsi, maka semakin baik. 




3. Jangan simpan dalam keadaan utuh. 

Ketika ingin menyimpan daging didalam freezer, maka potong-potonglah daging menjadi beberapa porsi, lalu bungkus atau simpan masing-masing ke dalam wadah kedap udara. Berilah label untuk mencatat tanggal penyimpanan, agar kelak bisa mengetahui sudah berapa lama daging disimpan. 

4. Keluarkan daging dari freezer

Ketika ingin memasak daging, keluarkan daging dari ruang pembeku porsi demi porsi sesuai kebutuhan dan biarkan mencair di dalam lemari pendingin yang bersuhu minus 1-4 derajat celcius. Mencairkan daging di luar lemari pendingin tidak disarankan, karena bisa mengurangi citarasa gurih daging dan membuat daging terasa keras saat dimakan. Bagian dalam daging yang masih beku saat dimasak, bisa menjadi tempat sembunyi bakteri yang mungkin ada karena bagian itu tidak mendapatkan panas yang cukup. 

Dengan kualitas daging yang terjaga kesegarannya, maka masakan yang disajikan untuk keluarga dapat dinikmati kelezatannya.

Itulah informasi mengenai "4 Tips Cara Menyimpan Daging Supaya Tetap Segar", selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck!





Lebih baru Lebih lama