7 Film Anime Doraemon Generasi Baru yang Sulit Dilupakan #Bagian 1


KuraNews ~ Halo sahabat otaku, pastinya gak asing lagi kan dengan anime bernama Doraemon. setelah kehadirannya di Generasi Baru atau a New Generation banyak yang mulai menyukai anime yang satu ini terutama era 2000 an. Bentuk animasi pada Doraemon Generasi Baru ini mulai digarap pada tahun 2006 dan masih digarap hingga tahun 2019 sekarang ini.

Lalu apa saja sih Film Doraemon Generasi Baru yang sangat disukai oleh para Fans ini, sampai sampai memiliki kenangan sendiri dan sulit untuk dilupakan. Berikut adalah 7 Film Anime Doraemon Generasi Baru yang Sulit Dilupakan #Bagian 1.

#1 - Doraemon: Nobita's Dinosaur (2006)

"Gekijōban Doraemon: Nobita no Kyōryū Niimarumaruroku"
Japanese: 映画ドラえもん のび太の恐竜2006


Secara tak sengaja Nobita berhasil menemukan sebuah telur raksasa yang ternyata adalah telur dinosaurus. Nobita kemudian bertekad untuk menetaskan telur raksasa tersebut untuk membuktikan bahwa telur itu memang telur dinosaurus. Saat menetas, ternyata telur itu memang telur dinosaurus. Nobita yang ingin memelihara dinosaurus itu kemudian mengalami kesulitan saat dinosaurus yang diberi nama Pisuke itu kemudian tumbuh besar dan tak lagi bisa disembunyikan dalam kamar Nobita.

Dengan bantuan Doraemon, Nobita kemudian memindahkan Pisuke ke sebuah danau agar ia bisa bersembunyi di sana. Celakanya beberapa warga setempat kemudian melihat Pisuke dan mulai panik. Mereka mengira ada binatang liar yang berkeliaran di sekitar mereka. Doraemon dan Nobita tak punya pilihan selain mengembalikan dinosaurus itu kembali ke jamannya. Dengan menggunakan mesin waktu, mereka kemudian memulangkan Pisuke kembali ke jamannya. Sayangnya rencana ini harus berantakan saat seorang penjahat berusaha menangkap Pisuke untuk keperluan pribadi mereka.

Film ini sebelumnya pernah dirilis pada versi original dengan judul yang sama, yaitu Doraemon: Nobita's Dinosaur yang rilis pada 15 Maret 1980. 

Poster film Doraemon: Nobita's Dinosaur (1980)
Lalu, setelah adanya Doraemon Generasi Baru, cerita dari Doraemon: Nobita's Dinosaur dimodifikasi ulang dengan cerita dan animasi yang lebih menarik. Hal tersebutlah yang membuat para fans sulit melupakan film fantastis ini. Apalagi Doraemon: Nobita's Dinosaur 2006 merupakan film pertama setelah adanya Doraemon Generasi Baru.


Poster film Doraemon: Nobita's Dinosaur (2006)

#2 - Doraemon: Nobita's New Great Adventure into the Underworld (2007)

"Doraemon: Nobita no Shin Makai Daibōken ~Shichinin no Mahō Tsukai"
Japanese: 映画ドラえもん のび太の新魔界大冒険 〜7人の魔法使い〜


Nobita memohon pada Doraemon agar mengubah dunia nyata menjadi dunia sihir. Tak diduga, mereka segera menyadari kemunculan sang Raja Iblis jahat yang berniat untuk mengambil alih seluruh alam.

Film dengan judul Doraemon: Nobita's New Great Adventure into the Underworld ini juga pernah dirilis sebelumnya pada 17 Maret 1984. 

Poster film Doraemon Nobita's New Great Adventure into the Underworld (1984)

Dengan adanya Doraemon Generasi Baru, maka film Doraemon: Nobita's New Great Adventure into the Underworld ini ditayangkan kembali dengan animasi yang lebih baik.

Poster film Doraemon Nobita's New Great Adventure into the Underworld (2007)

#3 - Doraemon: Nobita and the Green Giant Legend (2008)

"Eiga Doraemon Nobita to Midori no Kyojinden"
Japanese: 映画 ドラえもん のび太と緑の巨人伝


Bercerita tentang nobita yang tengah menghadapi kemalangan pada hari itu. Kemalangan tersebut berasal dari semua hasil ulangan yang dimiliki oleh nobita nyatanya mendapatkan nilai nol. Hal tersebut tentu saja membuat nobita menjadi sedih sekaligus malu. Ia tidak bisa membayangkan apabila ibunya yang terkenal pemarah mengetahui semua hasil ujiannya tersebut.

Di tengah kebingungan dan kekhawatiran tersebut kemudian semua kertas ujian yang dimiliki oleh nobita kemudian terbawa angin. Nobita yang panik kemudian mengejar semua kertas ujian tersebut. Hingga kemudian nobita sampai ke sebuah hutan. Nyatanya bukan kertas ujian yang ditemukan oleh nobita namun malah sebuah tanaman kecil namun unik. Keunikan tersebutlah yang kemudian membuat nobita membawa pulang tanaman tersebut.

Nobita kemudian merawat tanaman tersebut dengan baik. Hingga kemudian perlahan tanaman tersebut mulai tumbuh. Namun bersamaan dengan itu, ibunya sudah tidak suka dengan kehadiran dari tanaman tersebut di rumah mereka. Hingga ibunya memerintahkan nobita untuk membuang tanaman tersebut. Tentunya nobita tidak ingin melakukan hal itu. Tapi nobita kesulitan untuk bisa menyakinkan ibunya.

Hingga kemudian nobita meminta bantuan kepada doraemon. Karena ingin membantu nobita maka doraemon membantu nobita. Yaitu dia mengeluarkan sebuah alat ajaib yang mampu menghidupkan tanaman yang dipelihara oleh nobita tersebut. Tanaman itu kemudian hidup dan membuat ibu dari nobita enggan untuk membuangnya. Setelah itu nobita menjadi semakin dekat dengan tanaman peliharaanya tersebut.

Namun kemudian terjadi sebuah kejadian yang tidak pernah mereka duga. Yaitu ketika ada sebuah pesawat luar angkasa yang membawa mereka semua ke planetnya. Ternyata mereka dibawa ke planet para tumbuh. Di planet tersebut, hanya dihuni oleh berbagai jenis tumbuhan. Ternyata mereka memiliki maksud tersendiri mengapa membawa nobita dan teman-temannya ke planet mereka.

Film ini dirilis pada 8 Maret 2008 yang ceritanya berbasis cerita pendek yang ada di Manga Doraemon vol. 26

Poster film Doraemon: Nobita and the Green Giant Legend (2008)

#4 - Doraemon the Movie: The New Records of Nobita's Spaceblazer (2009)

"Eiga Doraemon Shin Nobita No Uchu Kaitakushi"
Japanese: 映画ドラえもん 新・のび太の宇宙開拓史


Tujuh tahun yang lalu, Lopplc dan Morina sedang bermain di taman. Tiba-tiba mereka merasakan gempa bumi di Koya Koya Planet. Gempa itu begitu besar sampai membuat planet itu hancur. Setiap orang harus melarikan diri menggunakan kapal raksasa. Sebuah petir merusak kapal, menyebabkan listrik mati. Professor (yang adalah ayah Morina yang) ingin memperbaiki pesawat ruang angkasa, tapi sambaran petir yang lain membawanya ke dimensi lain. 

Sementara teman Nobita mendapatkan dia untuk mengambil bola dari sekelompok tangguh bisbol pemain. Tapi mereka mengejarnya dan drop dia turun lubang .Gian marah kepadanya dan ia berjalan menuju rumah Shizuka untuk menyelamatkan himself.But akhirnya tertangkap oleh dia dan dipukuli dengan baik.

Film ini masih memiliki jalan cerita yang hampir sama dengan versi terdahulunya dan dengan judul yang sama pula, dirilis pada 14 Maret 1981. Lalu film tersebut dibuat kembali pada Doraemon Generasi Baru dengan visual animasi yang lebih menarik dan dirilis pada 7 Maret 2009

Poster film Doraemon the Movie The New Records of Nobita's Spaceblazer (1981)

Doraemon the Movie The New Records of Nobita's Spaceblazer (2009)

#5 - Doraemon: Nobita's Great Battle of the Mermaid King (2010)

"Doraemon Nobita no Ningyo Daikaisen"
Japanese: ドラえもん のび太の人魚大海戦



Suneo memperlihatkan foto-fotonya sewaktu menyelam di Palau.Nobita iri dan ingin menyelam, maka Doraemon menggunakan "Pompa Air Buatan" untuk mengisi kota dengan Air Buatan. Doraemon mengeluarkan "Kolam Portabel" untuk memancing ikan-ikan dengan "Biskuit ikan" dan "Tabung Oksigen Ikan" yang dapat membuat ikan berenang di udara. Pada malam hari Doraemon dan Nobita menggunakan "Kacamata Air simulasi" yang hanya bisa melihat air yang di hasilkan dari "Pompa Air Buatan" untuk menyelam di kota. 

Saat Nobita sedang bermain di sekitar Kolam Portabel,ada Duyung yang keluar dengan cepat. Nobita melihatnya dan memberitahu Doraemon bahwa ada Duyung,tetapi Doraemon mengatakan bahwa itu hanya Khayalan. Pada saat Nobita dan Doraemon sedang mengambil Foto,Terdengar suara Teriakan. Ternyata suara itu adalah suara teriakan Ayah nobita yang sedang mabuk terkejut karna melihat seekor Hiu lewat di depan Toko Rokok,Tapi dikira hanyalah Khayalan karna sedang mabuk. Doraemon dan Nobita terkejut saat Ayah Nobita melihat bahwa ada Hiu.Doraemon dan Nobita lalu Mencari Hiu itu, Saat Nobita mencari Hiu itu,Hiu itu muncul di belakang nobita dan menyerang Nobita. 

Doraemon Menggunakan "Nyanyian Kodok Rindu Rumah(Orgel Go Home)",yang membuat Hiu itu Merindukan Rumahnya lalu pulang kembali ke Laut. Doraemon dan Nobita Mengembalikan Semua ikan ke laut dan Menutup Kolam Portabel. Namun Duyung yang dilihat Nobita belum Kembali ke laut. Di Keesokan harinya Nobita Ke Halaman Rumahnya,Dia Melihat disemak-semak ada Ekor Duyung dan Berteriak karna terkejut. setelah itu Doraemon datang dan melihat,Doraemon ikut terkejut.Nobita mengatakan kepada Doraemon "Apakah itu Hiu yang kemarin?" tetapi Doraemon mengatakan bahwa yang dilihatnya adalah seorang Perempuan.Nama perempuan itu adalah Sophia.

Doraemon: Nobita dan Pertempuran Mermaid King juga dikenal dengan Doraemon The Legend 2010, adalah anime yang dirilis pada 6 Maret 2010.

Poster film Doraemon Nobita's Great Battle of the Mermaid King (2010)

#6 - Doraemon: Nobita and the New Steel Troops—Winged Angels

"Eiga Doraemon Shin Nobita to Tetsujin Heidan ~Habatake Tenshi Tachi~"
(Japanese: 映画ドラえもん 新・のび太と鉄人兵団 ~はばたけ 天使たち~)


Bercerita tentang dunia robot yang berjalan secara paralel dengan dunia manusia. Pada dunia robot tersebut, para robot hidup dengan berdampingan dan juga damai. Hingga kemudian mereka mendapatkan sebuah informasi yang mengejutkan. Nyatanya di masa lalu, ada dunia selain mereka yang disebut bumi.

Para penduduk bumi ternyata yang pertama kali menemukan mesin yang kemudian hari akan menjadi cikal bakal dari robot. Tapi ternyata para penduduk bumi tersebut menggunakan robot-robot yang mereka ciptakan demi kepentingan mereka sendiri. Dimana para kaum robot menganggap hal tersebut sebagai bentuk perbudakan atas kaum mereka.

Tentunya para kaum robot tidak bisa menerima hal itu. Hal tersebut tidak lepas karena mereka oleberanggapan bahwa kaum mereka lebih baik ketiumbang kaum manusia. Dan tentunya kaum yang lebih baik tidak pantas untuk dijadikan kaum pesuruh bagi kaum yang tidak lebih baik. Untuk itulah kemudian mereka memiliki sebuah rencana untuk melakukan misi balas dendam.

Misi tersebut tidak main-main karena mereka akan mengirim dua robot untuk menghancurkan bumi. Hal itu dilakukan karena mereka tidak ingin sejarah kelam masa lalu tersebut terulang kembali. Dan dua robot yang terpilih untuk melakukan misi tersebut adalah pippo dan lililu.

Mereka pun datang ke bumi dengan niat untuk menghancurkan bumi. Hal tersebut tentunya membuat doraemon dan kawan-kawannya tidak bisa tinggal diam begitu saja. Dimana hanya ada satu cara untuk mencegah rencana tersebut. Yaitu mereka harus kembali ke masa lalu dan memperbaiki sejarah hubungan antara manusia dan robot.

Namun yang menjadi masalahnya adalah hanya ada satu orang yang diperbolehkan untuk melakukan perjalanan lintas waktu tersebut. Untuk itulah kemudian dipilih shizuka untuk melakukan perjalanan waktu untuk menyelamatkan bumi.

Film doraemon: nobita and the new steel troops: angel wings disutradarai oleh yukiyo teramoto dan naskah film ini ditulis oleh higashi shimizu. Film doraemon: nobita and the new steel troops: angel wings adalah sebuah film bergenre animasi yang dirilis pada tahun 2011.



Film ini sebelumnya pernah dirilis pada versi original dengan judul Doraemon: Nobita and the Steel Troops yang rilis pada 15 Maret 1986.






#7 - Doraemon: Nobita and the Island of Miracles—Animal Adventure

"Eiga Doraemon Nobita to Kiseki no Shima 〜Animaru Adobenchā〜"
(Japanese: 映画ドラえもん のび太と奇跡の島 ~アニマル アドベンチャー~)


Bercerita tentang nobita yang merengek kepada ayahnya untuk dibelikan kabuto mushi. Kabuto mushi adalah sebuah mainan yang tengah menjadi tren anak-anak pada saat itu. Karena tak tega akhirnya ayahnya setuju untuk membelikan nobita mainan tersebut. Setelah mendapatkan kabuto mushi seperti yang ia inginkan, nobita tak sabar untuk segera menantang teman-temannya.

Hingga kemudian nobita menantang kabuto mushi yang dimiliki oleh giant. Dan seperti yang sudah bisa ditebak, kabuto mushi yang dimiliki oleh nobita tidak membutuhkan waktu lama untuk langsung kalah. Nobita yang tidak terima dengan kekalahan tersebut, segera mengadukan kekalahannya tersebut kepada doraemon. Ia meminta alat yang bisa untuk mengalahkan kabuto mushi yang dimiliki oleh giant.

Doraemon pun segera memberikan bantuan kepada nobita. Ia segera mengeluarkan sebuah benda dari kantong ajaibnya. Namun yang keluar seekor binatang prasejarah. Hal tersebut tentu saja tidak disukai oleh nobita. Karena binatang tersebut tidak bisa digunakan untuk mengalahkan kabuto mushi yang dimiliki oleh giant.

Namun ketika doraemon akan mengembalikan binatang tersebut kembali ke kantong ajaibnya namun nyatanya nobita menolak hal tersebut. Nobita kemudian memutuskan untuk mulai merawat binatang prasejarah tersebut. Waktu yang sering dilalui bersama membuat kedekatan antara nobita dengan binatang prasejarah tersebut tidak terelakan lagi. Namun pada saat yang bersamaan, nobita menyadari bahwa binatang prasejarah tersebut tidak tinggal di tempat yang tepat.

Untuk itulah, nobita meminta doraemon untuk mengembalikan binatang prasejarah tersebut ketempatnya. Namun ternyata doraemon kesulitan untuk bisa mengembalikan binatang tersebut ketempatnya yang semula.

Hingga kemudian dia meminta bantuan kepada dorami. Dorami sendri mengetahui tentang sebuah pulau di abad ke 22 yang cocok untuk menjadi tempat tinggal dari binatang prasejarah tersebut. Maka dimulailah petualangan dari nobita, doraemon dan dorami untuk mengembalikan binatang prasejarah tersebut.



Film doraemon: nobita and the island miracles- animal adventure disutradarai oleh kozo kusuba dan naskah film ini ditulis oleh fujiko fujio. Ini adalah sebuah film bergerne animasi yang dirilis pada tahun 2012.

Nah, itulah informasi mengenai "7 Film Anime Doraemon Generasi Baru yang Sulit Dilupakan #Bagian 1", sebenarnya masih ada 7 film lagi yang sulit untuk dilupakan, ulasan mengenai 7 film lainnya akan dibahas pada artikel 7 Film Anime Doraemon Generasi Baru yang Sulit Dilupakan #Bagian 2.
Lebih baru Lebih lama