Taman Saras Wati Gianyar – Wisata Baru


Pulau Bali memiliki banyak julukan, seperti beberapa diantaranya ialah Pulau Seribu Pura dan juga Pulau Dewata. Rasa-rasanya kurang lengkkap jika berlibur di daerah ini tidak mengunungi bangunan yang sudah menjadi identiknya sejak dulu yakni pura. Taman Saras Wati adalah kawasan dari kompleks Pura Saras Wati yang berada  di Kabupaten Gianyar.

Lebih tepatnya berada di daerah Ubud yang mana terkenal dengan seni dan budaya, mulai dari seni lukis, tari, pahat dan masih banyak yang lainyya. Pura ini difungsikan sebagai tempat untuk memuja dan menghormati Dewi Saraswati ( dewi yang menguasai ilmu pengetahuan, sastra dan seni ).

Disebut-sebut sebagai Pura Taman Saraswati, karena tempat ini memiliki taman air serta kolam teratai indah. Arsitektur bangunannya juga sangat artistik banyak ukiran-ukiran halus, patung Dewi Saraswati dan Jero Gede Mecaling berpadu dengan suasana tenang, nyaman membuat siapapun yang berkunjung kesini akan betah berlama-lama.

Oh iya, sejarah dari Pura Saraswati merupakan sebuah bangunan yang dibangun oleh I Gusti Nyoman Lempad ( seorang maestro seni yang terkenal di Ubud ), yang lokasinya tepat di belakang Cafe Lotus. Tempat ini adalah salah satu obyek wisata yang bisa dibilang baru di wilayah Kabupaten Gianyar, Bali.

Taman Saras Wati  diresmikan pada tahun 2007 oleh Bupati Gianyar Bali, selain digunakan untuk tempat ibadah Umat Hindu bangunan ini juga sekaligus sebagai obyek wisata yang menyenangkan. Ketika pembaca berkunjung disini, paronama keindahan hutan lereng utara Gunung Lawu akan langsung menyapa kedatanganmu.

Daya tarik dari Taman Saras Wati ini tak lain ialah keindahan Patung Dewi Saraswati, yang sengaja didatangkan langsung dari Gianyar Bali. Menurut kepercayaan umat Hindu warga Bali, bahwa Dewi Saraswati adalah seorang dewi yang berparas cantik yang berperilaku lemah lembut dengan mmenggunakan busana nan indah dan mempesona.

Dewi Saraswati tersebut digambarkan memiliki tangan berjumlah 4, yang mengusung makna walaupun seorang wanita, dengan pengetahuannya yang berbudi luhur mampu mengendalikan 4 ilmu yang digambarkan dalam 4 alat yang dipegangnya, diantaranya adalah :
  • Wina

Melambangkan kekuatan indah, menarik, lemah lembut serta mulia ( sifat dari ilmu pengetahuan yang luas ).
  • Damaru

Tak lain adalah simbol dari sebuah ilmu seni dan budaya yang agung.
  • Aksamala

Berarti ilmu tak pernah mati, walaupun di akhir hayat serta tak terbatasnya ilmu pengetahuan.
  • Pustaka

Menyimbolkan ilmu pengetahuan.

Pelataran di Taman Saras Wati  selalu dihias apik, unik dan menarik, hal ini dikarenakan setiap kamis malam rutin diadakannya sebuah pementasan tari kecak yang sudah terkenal itu.

Alamat Taman Saras Wati  berada di Jl. Kajeng, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Indonesia.

Guys, yuk baca juga obyek wisata terekatnya :

Pantai Cucukan Gianyar – Pantai Bali Bernuansa Tenang

Lebih baru Lebih lama