Pantai & Pura Rambut Siwi Jembrana


Bali memiliki bayak sekali wisata pantai yang menawan dan patut unuk anda kunjungi, salah satunya wisata pantai yang berada di Kabupaten Jembrana yakni Pantai Rambut Siwi atau Pantai Yeh Embang warga setempat menyebutnya. Dinamakan dengan Pantai Rambut Siwi karena tidak jauh dari pantai ini ada bangunan suci yang bernama Pura Rambut Siwi.

Sementara nama Pantai Yeh Embang diambil dari nama lokasinya yang mana berada di Desa Adat Yeh Embang. Guna memudahkan untuk mengingat pantai ini maka para pengunjung menamainya dengan nama bangunann suci tersebut. Tak seperti pantai-pantai yang berada di kabupaten Jembrana lainnya, pantai ini masih cenderung sepi dari wisatawan yang berkunjung.

Meskipun begitu Pantai Rambut Siwi memiliki keindahan laut yang dipadu dengan keindahan Pura Rambut Siwi yang berdiri kokoh dan eksotik di atas tebing bibir pantainya. Hamparan pasir pantai hitam yang cukup luas sehingga bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga, mulai dari jogging, sepak bola pantai, voli pantai dan lain-lain.

Tatkala sore hari, Pantai Rambut Siwi akan menyajikan paronama sunset yang begitu indahnya dan hampir sama dengan Pantai Kuta. Karena susanannya lebih cenderung sepi, maka pantai ini sangat cocok bagi mereka yang mencari wisata pantai yang nyaman serta jauh dari hiruk-piruk keramaian perkortaan.

Begitu sang surya akan temggelam, para pengunjung akan melihat cahaya berwarna kuning kemerah-merahan dan  momen ini adalah saat-saat yang dinanti untuk melakukan foto ria. Masih berada di kawasan pantai terdapat penginapan yang bisa untuk anda jadikan tempat bermalam dan melepaskan kelelahan selama perjalanan.

Oh iya, dikawasan pantai ini belum ada warung yang menjual makanan dan minuman ringan. Maka dari itu, sebelum mengunjungi Pantai Rambut Siwi alangkah baiknya persiapkan segala perbekalan yang diperlukan.

Pura Rambut Siwi

Pura Rambut Siwi merupakan dari salah satu Pura Dang Kahyangan jagat yang tak lain adalah tempat suci umat Hindhu yang digunakan untuk menghormati guru-guru suci ( Pendeta, Maha Rsi dan para Empu ). Terbentuknya pura ini juga masih ada kaitannya dengan perjalanan suci Dang Hyang Nirartha atau Dang Hyang Dwijendra yang memiliki gelar Pedanda Sakti Bawu Rawuh.

Sementara lokasi dari Pura Rambut Siwi tepat berada di atas tebing tepi Pantai Rambut Siwi, sehingga memiliki pemandangan alam laut Samudera Hindia yang indah, bersuasana tenang, damai dan penuh dengan aura spiritual. Hal inilah yang menjadikan tempat ini dijadikan sebagai tempat meditasi maupun menenangkan diri yang paling berpotensi.

Selain berguna untuk tempat suci, Pura Rambut Siwi juga dijadikan salah satu objek wisata yang sangat mengasyikkan. Bangunan Pura Rambut Siwi sangat megah dan cantik, apalagi suasana disekitarnya cukup sepi sehingga pengunjung bisa lebih leluasa untuk bersantai dan menikmati keindahan yang disuguhkan dan tentunya sangat berbeda dengan Pura Tanah Lot yang selalu ramai.

Sejarah dari nama Pura Rambut Siwi ada kaitannya dengan sehelai rambut Dang Hyang Nirartha. Beliau adalah seorang pendeta dan brahmana suci dari Tanah Jawa. Setelah melakukan perjalanan dari Tanah Jawa akhirnya sampai di Bali dan setelah beberapa lama di Gelgel, Beliau melakukan perjalanan lagi menuju ke arah Barat menyusuri pesisir Selatan.

Setelah sampai di sebuah tepi pantai, bertemu dengan seorang juru sapu pada sebuah parahyangan dan menyarankan untuk bersembahyang di parahyangan tersebut. Kemudian juru sapu tersebut memberitahu bahwasannya tempat tersebut sangat angker dan keramat, jikalau lewat begitu saja maka siapapun akan diterkam harimau.

Kemudian Dang Hyang Nirartha masuk dan melakukan yoga, mengheningkan cipta serta menyatukan pikiran dengan sang Pencipta. Seketika itu bangunan pelinggih tersebut roboh dan dilihat oleh mata kepala tukang sapu. Sontak ia terkejut dan bersujud sembari menangis minta maaf kepada sang pendeta.

Tukang sapu berharap agar bangunan pelinggih dikembalikan seperti sedia kala, kemudian beliau mencabut sehelai rambutnya dan memberikan kepada si tukang sapu, agar rambut tersebut diletakkan pada pelinggih dan disembahyangi ( disiwi ) agar sejahtera dan selamat. Nah, dari cerita itulah cikal bakal nama Pura Rambut Siwi.

Alamat Pantai & Pura Rambut Siwi terletak di Desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, Indonesia. Jika anda dari pusat Kota Denpasar maka akan menempuh perjalanan sejauh 80 km ( 2,5 jam ) dan dari Kota Negara berjarak sekitar 20 km atau setara dengan perjalanan selama 30-45 menit.

Yuk kunjungi obyek wisata terdekatnya yang mana tak kalah indah dan menawan, baca selengkapnya dibawah ini ya Guys :

Pantai Tanjung Benoa – Hal Menarik & Informasi



Lebih baru Lebih lama