Bendungan Palasari Jembrana


Serasa kurang lengkap jika liburan di Pulau Bali tidak mengunjungi pariwisata di Kabupaten Jembrana, yang salah satunya ialah Bendungan Palasari. Bagi anda ingin mendapatkan pengalaman berbeda selain berwisaa di pantainya, bendungan tersebut bisa dijadikan alternatifnya. Awal fungsi dari Bendungan Palasari dibangun guna untuk mencukupi pasokan air yang dibutuhkan warga sekitar.

Dulunya didaerah ini sering kekeringan dan hanya ada air diwaktu musim penghujan saja, maka dari itu banyak warga yang mengusulkan dan memusyawarahkan untuk membangun sebuah bendungan. Yang dimaksutkan bisa menampung air, yang kemudian akan dipergunakan untuk berbagai macam keperluan seperti pertanian, dan lain sebagainya.

Maka dari itu dibangunlah sebuah bendungan yang dinamai dengan Bendungan Palasari, tak tanggung-tanggung bendungan ini mampu menampung air hingga 8 juta meter kubik. Keberadaannya di kelilingi oleh hutan lindung yang sangat hijau dan indah sehingga udara disekitarnya begitu nyaman dan sejuk.

Pembangun Bendungan Palasari dimulai pada tahun 1986 dan selesai di tahun 1990 ( selesi 3,5 tahun ) dengan luas keseluruhan mencapai 100 hektar. Pembangunan bendungan tersebut menghabiskan biaya sebesar Rp 9 Milyar dari pinjaman Asian Development Bank ( ADB ). Pada tanggal 23 Juli 1989 Bendungan Palasari diresmikan oleh Bapak Presiden Soeharto.

Dengan areal yang sagat luas ini membuat banyak habiat ikan yang hidup di Bendungan Palasari, seperti ikan mujair, ikan nila, gurame, lele, kaper, udang dan masih banyak lagi jenis ikan air tawar lainnya. Maka tak hayal jika berkunjung di tempat ini banyak terlihat warga setempat maupun wisatawan  yang lagi asyik memancing.

Oh iya, selain dimanfaatkan untuk penampung air hujan dan pencegah banjir, Bendungan Palasari juga difungsikan untuk daya pikat wisatawan untuk mengunjunginya atau dengan kata lain sebagai tempat wisata alternatif di Kawasan Kabupaten Jembrana. Selain bisa menikmati kealamian alam di sekitarnya yang begitu mempesona, disini ada satu aktivitas yang sangat seru hlo Guys.

Dikawasannya ada area motor cross dan off road, jadi bagi anda yang hobi dengan aktivitas yang bisa memacu adrenalin, olahraga tersebut bisa anda coba keseruannya. Dan satu lagi yakni anda bisa mengelilingi Bendungan Palasari dengan menggunakan jasa sewa sampan atau perahu yang banyak disewakan dikawasan tersebut.

Biaya tiket masuk ke Bendungan Palasari dan dibuka setiap hari, adapun tiket masuknyasebesar Rp 1000 per roda dua dan Rp 2000 per roda empat. Jika anda ingin menginap atau bermalam di daerah Bendungan Pulasari sudah ada banyak penginapan yang tersedia, tak jauh dari lokasi terdapat sebuah Taman Wana Villas and Spa yang bisa digunakan sebagai alternatif sarana untuk menginap.

Namun bagi anda yang ingin mencoba penginapan dengan harga sewa yang lebih terjangkau, bisa menuju ke Hotel Klarisa yang mana terletak didaerah pantai Candikusuma, Jembrana, Bali. Letak Bendungan Palasari berada di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, Indonesia.

Yuk kulas informasi obyek wisata terdekatnya, yang mana bisa anda jadikan agenda berlibur selanjutnya. Ringkasan detailnya bisa anda baca di bawah ini, yuk langsung saja dibaca Guys !!!

Museum Manusia Purba di Jembrana



Lebih baru Lebih lama