Wisata Gunung Batur – Mendaki Gunung Batur


Seperti yang banyak orang tahu, bahwa pemandangan serta keadaan alam di Pulau Bali bagaikan surga kecil yang ada di dunia ini. Gunung Batur yang pastinya dari sebagian pembaca sudah tahu keberadaannya, yakni di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli ini memiliki keindahan alam yang patut untuk Anda eksplor.

Bangli salah satu kabupaten di Bali yang memiliki objek wisata yang mana dengan ciri khas udara pegunungan nan sejuk. Aktivitas mendaki Gunung Batur dengan melihat pemandangan matahari terbit dari puncaknya adalah salah satu aktivitas wisata menyenangkan sekaligus petualangan yang bisa Anda dilakukan selama liburan di Bali.

Gunung Batur Kintamani berstatus sebagai gunung berapi yang masih aktif dan gunung tertinggi kedua setelah Gunung Agung. Luas kaldera Gunung Batur Kintamani sebesar 13,8 x 10 kilometer yang merupakan kaldera terbesar di dunia. Gunung ini pernah meletus pada tahun 1917 dan merusakkan beberapa bangunan disekitarya.

Puncak Gunung Batur memiliki ketinggian 5633 kaki atau sekitar 1717 meter, yang mana tepat berada di lereng gunung tersebut terdapat sebuah danau yang bernama Danau Batur Kintamanir danau terluas di Bali ). Saat melakukan aktivitas pendakian ke Gunung Batur, setengah perjalanan sudah dapat menyaksikan keindahan Danau Batur.

Hampir setiap hari banyak yang melakukan pendakian ke Gunung batur hanya untuk melihat pemandangan indah matahari terbit. Selain itu juga dapat melihat kaldera dengan letupan kecil dari larva. Jika pembaca ingin melakukan pendakian di Gunung Batur Kintamani, alangkah baiknya menggunakan jasa guide yang sudah bepengalaman dan mengetahui tentang medan pendakian.

Satart pendakian paling favorit berada di Desa Penelokan, karena desa ini letaknya tepat berada di tepian kaldera Gunung Batur. Kawasan ini adalah tempat paling baik untuk melihat pemandangan Gunung Batur beserta danaunya. Untuk pembaca yang ingin melakukan pendakian dan belum pernah mendaki gunung tidak usah kawatir.

Hal ini disebabkan karena rute pendakian ke Gunung Batur terbilang mudah, karena Gunung Batur termasuk didalam jajaran Geopark. Geopark adalah sebuah daerah yang diakui oleh UNESCO melalui Global Geopark Network yang memiliki warisan geologi yang menajubkan. Yang berarti memiliki pemandangan alam eksotis guna pendidikan, juga memiliki nilai ilmiah terutama langka atau  indah untuk dilihat.

Bangli merupakan sebuah kabupaten yang letaknya di tengah-tengah Pulau Bali dan juga salah satu kabupaten yang tidak punya pesisir pantai. Kabupaten ini berada di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut, menyebabkan wilayah ini memiliki suhu udara yang sejuk. Selain itu tumbuh-tumbuhan bisa berkembang dan tumbuh dengan subur.

Pesona alam dikawasannya begitu indahnya sehingga memberi kesan damai bagi pengunjungnya, hamparan pemandangan lembah yang didominasi Danau ( danau terbesar di Bali ) adalah daya tarik utamnya. Jejeran restaurant, rumah makan maupun cafe di sepanjang Desa Penelokan memberikan kesanlebih untuk menimati keindahan alam yang disajikan.

Baca juga :




Lebih baru Lebih lama