Wisata Desa Batukaang, Bangli – Wisata Bali


Pulau Bali memiliki Desa Batukang yang sangat eksotis dan luar biasa indahnya hlo Guys. Di kawasan desa ini akan didapati pemandangan alam yang indah. Desa Batukang masih berada di Kecamatan Kintamani, Provinsi Bangli, Provinsi Bali. Obyek wisata yang akan dibahas kali ini merupakan  cerminan dari salah satu kekayaan Indonesia yang sejak dulu sudah terkenal dengan alam subur dan budayanya.

Desa Batukang terletak pada ketinggian 1.150 meter di atas permukaan laut, sehingga masih kental dengan pemandangan alam khas pegunungan yang alami. Oh iya Guys, Desa Batukaang merupakan kawasan wisata candi purbakala yang mana terdata ada 188 arca yang tersebar dan masih dikeramatkan oleh penduduk lokal kawasan Kintamani.

Beberapa pura yang masih dapat dikunjungi oleh para wisatawan ketika berwisata di Desa Batukaang ialah Pura Pusering Jagat, Pura Puseh Batan Tiing, Pura Puncak Sari, Pura Puseh Sangambu, dan juga Pura Sangambu. Dari dinas kebudayaan Provinsi Bali, bahwa arca peninggalan jaman purbakala di Desa Batukaang tersebut adalah simbol kepercayaan pada masa megalitikum ( pemujaan kepada roh nenek moyang masih sangat kental ).

Budaya pemujaan megalitikum mulai berubah setelah masuknya agama Hindu. Karena unsur magis serta budaya adat yang kuat dengan cara turun temurun, Desa Batukaang menjadi suatu tempat yang sering melahirkan upacara-upacara keagamaan di Pulau Bali. Selain itu seni tari yang terkenal dari Desa Batukaang adalah tari “Pendet” dan “Rejang”.

Tidak cuma terkenal dengan seni budayanya saja hlo, Desa Batukaang juga terkenal dengan perkebunan kopi yang membentang luas. Perkebunan kopi tersebut berada di kawasan bperbukitan dan gunung yang menjulang disela-selanya. Nah jika pembaca akan merencanakan berlibur kesini, jangan lupa membawa alat potret atau kamera untuk mengabadikan momen-memen liburanmu.

Pemandanagan perkebunan kopi di tanah berbukit disertai dengan tinggi menjulangnya gunung akan menciptakan panorama keindahan alam yang cocok dijadikan sebagai spot berselfie ria. Jikalau bertepatan dengan musim berbunganya buah kopi, semerbak harumnya sudah tercium meskipun dari jarak yang agak jauh.

Bau harum bunga kopi berpadu dengan udara khas pegunungan nan sejuk dan juga hijaunya pemandangan gunung yang menjulang akan membuat betah siapapun yang berwisata di Desa Batukaang ini. Karena alasan inilah tempat wisata ini menjadi salah satu tujuan agro wisata kopi Kintamani yang populer di Bali.

Desa Batukaang merupakan sebuah kawasan pariwisata yang menonjolkan panorama alam dan seni budaya. Sebagai daerah yang menarik perhatian, Desa Batukaang mulai dikunjungi para wisatawan baik itu wisatawan dari lokal sendiri maupun wisatawan mancanegara. Akses menuju ke desa Batukaang cukup mudah, yang mana jalanan yang sudah beraspal dan bisa dilewati motor maupun mobil.

Jarak tempuh untuk menuju Desa Batukaang sekitar 60 km dari Kota Denpasar, 35 km dari kota Bangli dan 18 km dari kecamatan Kintamani. Sepanjang perjalanan dari Kecamatan Kintamani, sejauh mata memandang akan disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat menawan dan mempesona.

Selain itu, juga dapat dilihat perkebunan kopi yang membentang sangat luas dengan gunung yang menjulang dengan berpayungkan kabut. Hal tersebut dapat dipastikan bahwa kawasan tersebut memiliki alam pegunungan yang sangat subur.

Alamat :

Desa Batukaang, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Indonesia.

Baca juga :

30 Cafe Kekinian Dengan Desain Menarik, Unik Dan Kece Buat Selfie Di Bali

13 Makanan Tradisional Khas Bali Yang Masih Eksis Sampai Sekarang

21 Oleh-Oleh Khas Bali Yang Enak, Tahan Lama Dan Mudah Di Dapat

20 Wisata Kuliner Terkenal Di Bali Yang Enak Dan Murah

20 Makanan Khas Di Bali Yang Enak Dan Murah

11 Tempat Wisata Kesukaan Wisatawan Indonesia Di Bali

42 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui




Lebih baru Lebih lama