Tanah Wuk Badung, Sangeh – Wisata Bali Fantastik


Kabupaten Badung - Bali menawarkan banyak obyek wisata alam yang luar biasa, mulai dari pantainya hingga dataran tinggi. Seperti halnya Pantai Kuta, Pantai Tanjung Benoa dan juga Pantai Dreamland, kesemuanya memiliki kelebihan paronama alam sendiri-sendiri. Sebagai tempat wisata di daratan tinggi bisa ke Tanah Wuk yang mana dikawasan Sangeh beridentik dengan kehidupan alami para kera di tengah-tengah hutan pala.

Mungkin dari sebagian pembaca belum tahu bahkan ada yang merasa aneh dengan nama dari obyek wiata kali ini, Tanah Wuk ialah daerah yang mempunyai keindahan lembah Ngarai hijau, barisan perbukitan, sawah berundak, kebun kopi serta aliran air jernih Sungai Yeh Penet. Kawasan wisata ini seluas sekitar 3 hektar, yang mana sering digunakan sebagai tempat bersantai, beristirahat ataupun hiking.

Selain sajian pemandangan alam yang mempesona, kawasan Tanah Wuk tak jarang sebagai tempat camping oleh pelajar penghobi petualang. Beberapa waktu yang lalu dihadirkan hiburan tubing yang dikelola oleh BIO, jadi wisatawan yang menyukai olahraga yang bisa memacu adrenalin bisa menikmati asiknya rafting di sepanjang Sungai Yeh Penet yang berada dibawah Tanah Wuk.

Di kawasan wisata Tanah Wuk juga sangat memuaskan bagi mereka yang suka berselfie ria, spot ini dilatar belakagi oleh pemandangan hutan di sisi jurang. Pemandangan tersebut semakin elok dengan hadirnya sebuah jembatan baru yang menghubungkan antara daerah Mengwi, Sembung dan Sangeh.

Beberapa spot selfie yang berpotensi adalah sebagai berikut :

-Menggunakan view jembatan sebagai latar belakang.
-Berselfie dari sisi atas dengan menggunakan pemandangan hutan yang berada di bawah. Agar mendapatkan hasil terbaik, bisa mengambil foto dari arah atas dengan menggunakan tongsis atau bantuan teman.
-Sebuah tempat berbentuk segitiga, tempat ini lebih  menyerupai perahu.
-Rumah yang memiliki tempat duduk di sisi bawahnya.
-Sisi bawah Tanah Wuk yang lokasinya di dekat sungai.

Jika pembaca membuat acara berjenis outbond bersama teman kantor, perusahaan, sahabat-sabat maupun keluarga dengan petualangan alam bebas, maka lokasi Tanah Wuk ialah tempat yang cukup ideal. Tempat wisata ini juga memberikan tempat rekreasi alternatif bagi Anda yang bosan dengan suasana pantai hlo Guys.

Terlebih sangat berpotensi bagi mereka yang ingin merilekskan diri dari rutinitas sehari-hari, Tanah Wuk adalah salah satu objek wisata di Baliyang bisa menjadi obat mujarab untuk melepaskan penat, menjauhkan diri dari kejenuhan.

Di hari-hari tertentu obyek wisata Tanah Wuk banyak dikunjungi pengunjung, terutama saat datangnya pasca libur panjang maupun hari raya besar keagamaan seperti Hari Raya Galungan, Kuningan dan juga ngembak Nyepi. Sebagian besar wisatawan yang datang ialah keluarga ataupun pasangan muda-mudi untuk menikmati sajian alam indah di sini.

Dengan suasana yang cenderung sepi, tenang serta alami, maka banyak digunakan oleh para penekun kegiatan rohani untuk melalukan ritual meditasi. Sebab itulah kawasan di Tanah Wuk sedikit mistis, dan tentunya selama Kita bertujuan baik tidak ada yang perlu mengkhawatirkan.

Guna untuk kenyamanan para pengunjung sudah di sediakannya berbagai fasilitas pariwisata seperti penginapan, restauran, kedai minum, dan juga Bale Bengong ( gazebo ) untuk bersantai menikmati keindahan alamnya. Pada saat berkunjung di suatu daerah rasanya kurah afdhol jika tidak mencicipi masakan khasnya, seperti di Tanah Wuk yang memiliki masakan khas seperti Sate Bali dan Nasi Sela.

Nasi Sela merupakan nasi putih yang dicampur dengan ketela rambat. Lokasi rumah makan tersebut cukup sederhana yang jaraknya sekitar 100 m dari Sangeh menuju ke arah utara. Kelezatannya akan lebih sempurna, karena didominasi dengan pemandangan hutan Sangeh dari kejahuan.

Lokasi Tanah Wuk berada di Br. Gerana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Indonesia. Sangat mudah sekali dijangkau dari Pantai Kuta, Pantai Sanurmaupun Pantai Nusa Dua. Tanah Wuk teletak persis di pinggir lembah Sungai Penet, jika dari Sangeh jarak yang akan ditempuh sekitar 1,5 kilometer atau setara dengan 10-15 menit perjalanan.

Akses menuju ke Tanah Wuk memang cukup mudah, namuni agak sulit untuk menemukan lokasinya. Hal ini disebabkan karena tidak adanya papan penunjunk Tanah Wuk dan letaknya berada di sebelah utara Hutan Sangeh atau di pertigaan jembatan baru. Setelah sampai dilokasi Anda akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 untuk satu orangnya.

Obyek wsiata terdekat lainnya yang bisa dijadikan agenda wisata selanjutnya adalah Sangeh ( Monkey Forest ), Agro Plaga Badung, Pura Puncak Tedung, Arung Jeram  Sungai Ayung, serta Air Terjun Nung-Nung.

Baca juga :
Lebih baru Lebih lama