Pura Ulun Danu Batur – Pura nan Eksotis Di Tengah Danau


Selamat datang dan selamat membaca Sahabat blogger !!! Anda sedang berlibur di Pulau Bali ? atau akan mengagendakan dan ingin mencari tempat wisata yang menyenangkan ? Pastinya dari kebanyakan pembaca sudah pada tahu akan tempat wisata Danau Batur Kintamani yang sudah populer di Kabupaten Bangli.

Oh iya Guys, jika kamu mencari “Pura Ulun Danu” di pencarian google dengan mengetikkan kata kunci “Pura Ulun Danu”, maka hasil pencarian akan ada dua tempat yang berbeda. Yang pertama Pura Ulun Danu berlokasi di dekat Danau Beratan Bedugul, Kabupaten Tabanan, dan yang kedua adalah Pura Ulun Danu yang terletak di kawasan Danau Batur Kintamani.

Memang kedua pura di Bali ini memiliki nama sama dan tempatnya berbeda, namun yang akan Kita bahas dihalaman ini ialah Pura Ulun Danu Batur yang keindahannya didominasi dengan pemandangan danau dan juga Gunung Batur yang eksotik. Pura Ulun Danu Beratan adalah pura yang letaknya didekat danau Beratan Bedugul, sedangkan Pura Ulun Danu Batur di dekat Danau Batur Kintamani.

Pura Ulun Danu Batur merupakan pura kahyangan jagat dan dimuliakan sebagai stana Bhatara Wisnu yang dalam konsep masyarakat Batur lebih akrab dengan sebutan Batari Dewi Danuh. Spiritual pemujaan bertujuan untuk menguatkan umat dalam membangun kemakmuran ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Sejarah mengatakan bahwa sebelum letusan Gunung Batur yang terjadi pada tahun 1917, pura ini terletak di kaki Gunung Batur yakni ditepian arah barat daya Danau Batur. Letusan Gunung Batur mempoorandakan sekitar 65.000 rumah dan 2.500 pura serta ribuan kehidupan. Namun ajaibnya masih ada satu buah pelinggih yang tetap berdiri kokoh menjulang keatas setelah keganasan bencana tersebut.

Hal inilah yang membuat banyak orang mempercayai sebagai pertanda baik dan melanjutkan untuk tetap bermukim dikawasannya. Kemudian masyarakat bergotong royong untuk menempatkannya di tempat yang lebih tinggi dan memulai membangun kembali Pura Ulun Danu Batur.

Alamat :

Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia.

Rute Menuju Ke Pura Ulun Danu Batur :

Jika pembaca dari Pusat Kota Singaraja menuju ke Pura Ulun Danu Batur, pertama-tama akan melewati Jalan Gunung Batur dan Desa Kubutambahan dengan jarak tempuh sekitar 58 kilometer atau setara dengan 1 sampai 1,5 jam perjalanan. Jarak tempuh dari Kota  Denpasar sekitar 65 km yang di mulai dari Bandara Internasional Ngurah Rai menuju ke Gianyar, dengan waktu tempuh 1,5 – 2 jam.

Dan jikalau pembaca dari Pantai Lovina, jarak yang akan ditempuh sekitar 71 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Karena obyek wisata ini masuk didalam kawasan pegunungan, maka akses jalan menuju ke lokasi berkelok-kelok, banyak tanjakan serta turunan.

Baca juga :






Lebih baru Lebih lama