Pura Puncak Penulisan – Wisata Kintamani, Bangli


Apakah Anda mencari obyek wisata Pura Puncak Penulisan yang berada di Pulau Bali ? Di halaman ini khusus menyajikan informasi yang detail obyek wisata yang Anda cari saat ini. Pura ini berada diatas bukit diketinggian 1.745 meter diatas permukaan laut ( dpl ). Pura Puncak Penulisan juga memiliki nama lain yakni “Pura Tegeh Ata Pura Pamojan”.

Pura ini adalah tempat pemujaan terhadap Dewa Siwa yang mana didalamnya banyak terdapat benda-benda peninggalan dimasa Megalitikum sampai dengan masuknya peradaban Hindu ke Bali. Pura Puncak Penulisan mempunyai nilai historis dan beberapa keunikan khas sehingga banyak wisatawan yang penasaran dan tak sedikit pula yang berkunjung.

Pura ini memiliki 2 konsep bentuk bangunan diantaranya adalah diambil dari masa pra-sejarah yang masih terllihat jelas dari struktur bangunan yang bertingkat. Sementara konsep yang kedua tingkatan bangunannya mencapai 7 tingkatan yang mana pada tingkat pertama dan kedua dihubungkan dengan anak tangga.

Di tingkat ke-3 ada banguanan yang bernama Pura Dana dan Pura Taman Dana, tingkat ke-4 Anda dapat melihat Pura Ratu Panyarikan, ketika ditingkat ke-6 akan didapati Pura Ratu Dahatua, dan pada tingkat terakhir yang tak lain adalah tingkat ke-7 terdapat pelinggih yang merupakan tempat pemujaan Pengaruman, Piyasan serta Gedong dan juga berfungsi sebagai tempat menyimpan benda-benda kuno.

Dari informasi yang didapatkan dari beberapa sumber, tentang pembuatan Pura Puncak Penulisan belum begitu jelas. Tetapi hasil penelitian dari beberapa peninggalan berupa barang-barang kuno, pembangunan Pura Puncak Penulisan diperkirakan dimulai pada tahun 300 Masehi atau “Jaman Perunggu”. Kemudian pembangunannya dilanjutkan kembali di abad ke-10 hingga pada jaman kekuasaan Majapahit pada tahun 1343 M.

NB : jika Anda sedang mencari tentang informasi Pura Puncak Penulisan jangan bingung ya Guys, karena pura ini memiliki banyak nama yang diantaranya adalah Pura Tegeh Kahuripan dan juga Pura Tegeh Ata Pura Pamojan. Jadi ketika Anda lagi browsing dan menemukan salah satu dari nama pura tersebut, inti yang dibahas tetaplah sama.

Dari penulis mengucapkan selamat berlibur !!! semoga artikel ini setidaknya dapat memberi sedikit informasi dan kemudahan dalam aktivitas berliburmu.

Alamat :

Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Indonesia.


Baca juga :

Obyek Wisata Seru Di Badung – Mempesonanya Wisata Bali






Lebih baru Lebih lama