Pura Ponjok Batu Buleleng


Pariwisata di Pulau Bali sangat unik-unik, tak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan daerah ini menjadi tujuan utama berlibur mereka. Bagi pembaca yang lagi mencari informasi tentang tempat wisata di Bali yang tentunya identik dengan masyarakatnya anda bisa berwisata ke Pura Ponjok Batu yang berada di Buleleng ini.

Di kawasan pura ini bisa dikatakan cukup unik, karena letaknya berada di sebuah tanjug yang terdiri dari batu dimana dari celah-celah batu tersebut tumbuh pohon kamboja serta semak yang terlihat begitu subur dan indah. Kata “Ponjok Batu” merupakan bahasa asli bali yang memiliki arti Tanjung Batu.

Fisik dari kawasan depan Pura Ponjok Batu dibatasi oleh jalan raya yang mana jurusan menuju ke daerah Amlapura. Sejauh perjalanan melewati jalan ini, anda akan dihibur dengan pemandangan Laut Jawa yang membentang luas nan eksotik indahnya. Konstur lautnya yang tenang dengan didominasi dengan beberapa pohon tua di sekitar bukit menambah keindahan yang mempesona.

Pura Ponjok Batu merupakan tempat persembahyangan umum, jaddi tak mengherankan jika dikawasannya banyak sekali dijumpai wisatawan maupun orang yangsengaja datang untuk melakukan peribadatan. Selain menawarkan keindahan alam yang bisa menghipnotis setiap matayang memandangnya, arsitektur bangunan puranya pun sangat menarik untuk dikunjungi.

Bangunan Pura Ponjok Batu memiliki gaya khas yang berupa seluruh bangunan terdiri dari susuban batu-batu alam yang didapatkan di sekitar lokasi. Setelah pembaca sudah sampai di kawasan Pura Ponjok Batu, langsung saja menuju ke area parkir yang di sampingnya terdapat pemandangan indah Laut Jawa yang membentang luas.

Di areal parkir tersebut, anda juga akan mendapati warung-warung yang menjajakan berbagai dagangannya dengan harga yang bersahabat. Tepat berada di sebelah timur areal parkir adalah tempat persembahyangan umat hindu. Ketika akan menuju ke halaman utama Pura Ponjok Batu harus melewati tangga besar.

Nah, dihalaman inilah tempat yang cocok untuk menikmati segala seni dari bangunan-bangunan suci yang tertata rapi di dalamnya. Anda tak akan bosan berada di kawasan Pura Ponjok Batu ini, yang disebabkan karena suasana begitu sejuk yang di ciptakan oleh pohon-pohon yang tumbuh subur dan sangat rindang.

Pada saat hari-hari besar keagamaan umat hindu maupun piodalan-piodalan, maka wisatawan domestik maupun mancanegara akan semakin ramai. Kebanyakan dari alasan mereka ialah ingin melihat secara langsung kebudayaan msyarakat Bali di Pura Ponjok Batu. Selain melihat kebudayaannya, para pengunjung juga akan di suguhi dengan tarian-tarian khas Bali yang berfungsi menunjang jalannya upacara keagamaan ataupun pementasan belaka.

Ada suatu keunikan yang ada di kawasan Pura Ponjok Batu yang mana sangat disayangkan jika tidak melihatnya yang tak lain adalah sebuah arca batu berbentuk perahu kecil di pinggir laut Pura Ponjok Batu. Arca ini sangat disucikan oleh masyarakat setempat, jika ingin melihatnya secara jelas bisa menuju sebuah tangga yang turun menuju bibir pantai.

Oh iya, tepat dibibir pantai ada sebuah sumber air yang muncul dari pasir hitam tersebut. Disumber ar tersebut tak jarang digunakan umat hindu untuk menyucikan diri ( Melukat ) dengan cara membasuhkan air ke muka dan di kepala kemudian meminumnya. Para pengunjung atau wisatawanjuga diperbolehkan meminumnya, dengan catatan  mendapat persetujuan jero mangku.

Pada saat anda berkunjung bertepatan dengan hari besar umat hindu jangan sampai lupa mengenakan pakaian adat khas Bali, minimal menggunakan kamen atau kain yang di gulungkan di kaki. Lokasi Pura Ponjok Batu berada di sebelah timur Singaraja, terketak di Pantai utara Bali dimana termasuk dalam wilayah Desa Pacung, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Indonesia.

Hay Sob, ingin mengeksplor tempat wisata di Kabupaten Buleleng ? Baca yuk ulasan di bawah ini, pastinya pengalaman berliburmu akan berkesan dan menyenangkan.

Gedong Ketya Buleleng – Perpusatakaan Satu-satunya di Dunia

Lebih baru Lebih lama