Pura Beji, Penuh Seni Ukiran – Ngetrip di Buleleng


Saat merencanakan liburan ke Bali, memang banyak sekali obyek wisata seru yang ditawarkannya. Saking banyaknnya, bahkan dari pembaca ada yang bingung untuk menentukan tempat wisata di kawasan yang terkenal hingga ke mancanegara ini. Untuk mensiasati semua itu di kabupaten Buleleng ada tenpat wisata yang layak dikunjungi yaitu Pura Beji.

Pura Beji adalah salah satu pura atau tempat peribadatan yang terkenal di Pulau Bali, tepatnya di Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Indonesia. Pura ini memiliki bentuk lebih simetris dan sangat kental dengan pengaruh Tiongkok, oleh sebab itulah obyek wisata ini cukup populer di mata wisatawan domestik maupun asing.

Dari banyaknya cerita yang dihimpun bahwa Pura Beji merupakan sebuah pura yang tak pernah sepi dari kunjungan para wistawan yang datang ke Kabupaten Buleleng. Jika diamati dari segi arsitektur banguanannya bisa dikategorikan banguanan yang sederhana. Meskipun dari segi fisiknya begitu, banyak juga hlo yang mengakui keunikan dan juga ciri khas hanya ditemui di Pura Beji.

Pura Beji adalah tempat untuk memuja Dewi Sri ( dewi kesuburan ), seperti yang sudah diatas tadi bahwa pura ini memiliki ciri khas tersendiri yang berupa seni ukiran. Bisa dikatakan hampir dari bagian bangunannya tak ada yang lolos dari ukiran dengan seni ukiran khas Kabupaten Buleleng. Ukiran yang terlihat unik dan sangat menarik itu terbuat dari batu pasir merah muda yang halus.

Disetiap dindingnya dihiasi dengan patung setan dan ular serta sebuah pohon Kamboja tua yang berada di pekarangannya. Oh iya, dari beberapa seni ukirannya juga ada yang dibuat oleh musisi Belanda yang juga tak kalah menawan, menarik dan mempesona untuk kalian lihat.

Daerah yang mana masih didalam lungkupan Pura Beji terkenal sebagai lingkungan pura Subak untuk Desa Sangsit. Sebutan tersebut diberikan karena hampir seluruh bagian lingkungan Pura dihiasi ukiran style Buleleng yang berbentuk tumbuh-tumbuhan merambat serta motif bunga yang mencirikan khas Bali Utara.

Di pintu gerbang Pura Beji juga dihiasi dengan dua ekor naga yang disimbolkan sebagai penjaga pura. Dari semua penjelasan yang sudah disebutkan diatas bahwa daya tarik dari Pura Beji yang berada di Desa Sangsit ini tak lain adalah ukiran yang memenuhi hampir semua bagian pura. Untuk mencirikhaskan  berbeda ukiran ini dicat warna-warni, sehingga tampak lebih unik dan tentunya menarik perhatian.

Segala keunikan yang dimiliki bangunan ini, maka tak jarang para pengunjungnya menjadikan sebagai tempat pengambilan sesi foto pre wedding. Bagaimana anda berminat foto pre wedding disini ? Ayo buruan mengunjunginya. Khusus dari penulis mengucapkan " Selamat Liburan & Semoga Artikel Ini Bermanfaat".

Guys, saat anda berlibur di Kawasan Kabupaten Buleleng jangan sampai lupa mampir ke Pura Beji ini ya !!!. Untuk wisata lainnya, anda bisa melanjutkan aktivitas wisatamu ke bawah ini :


Tugu Singa Ambaran Raja Buleleng – Cocok Untuk Berselfie




Lebih baru Lebih lama