Pantai Sumuh Nusa Dua – Keindahan Terumbu Karang



Kawasan Nusa Dua, Bali adalah kawasan yang populer di mata wisatawan akan fasilitas hotel bintang lima yang bertaraf internasional. Pantai Sumuh memiliki perairan indah dengan suguhan sejuta pesona, seperti pasir putih yang terjaga bersih.  Tak mengherankan pastinya, karena pantai ini masih berada dikawasan Nusa Dua yang mana dikelola secara profesional dan serius oleh pemerintah Kabupaten Badung sehingga menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang tersohor.

Pantai Sumuh  memiliki pemandangan hamparan pasir putih juga paronama sunrice ( matahari terbit ) seperti halnya yang dimiliki oleh Pantai Sanur dan pantai-pantai disekitarnya. Selain itu ketarikan wisatawan untuk berminat berkunjung ialah keindahan alam bawah lautnya. Pantai Samuh digunakan sebagai lokasi pelestarian terumbu karang guna menjaga ekosistem serta keseimbangan laut.

Pemerintah Kabupaten Badung meresmikan sebuah taman bawah laut yang dirnamai dengan Bali Underwater Cultural Park ( BUCP ) berjarak kira-kira 500 meter dari bibir Pantai Samuh dam memiliki kedalaman sekitar 11 meter dari permukaan laut. BUCP ini merupakan taman bawah laut yang berisikan kumpulan karya seni terumbu buatan berbentuk patung.

Patung-patung tersebut berbentuk penari seperti halnya tari Kecak dan karakter dari epik Ramayana ( Rama dan Sita ). Tujuan yang dilakukan oleh BUCP adalah sebagai konservasi keanekaragaman hayati laut dan budaya Bali dengan menambah nilai seni. Fungsi dai pada patung tersebut ialah sebagai media penempelan karang baru alami.

Beraneka jenis terumbu karang tumbuh dengan subur dan baik sehingga banyak sekali ikan beraneka warna yang lalu-lalang sembari mencari makanannya di sekitar terumbu  karang tersebut. Pemandangan alam bawah lautnya inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Pantai Samuh wajib dimasukkan ke dalam daftar kunjungan liburan di Pulau Bali.

Kelebihan lainnya adalah kondisi ombaknya yang sangat ramah dengan anak-anak, tak jarang para orang tua membiarkan anak-anaknya bermain sesuka hati di pantai ini. Pada saat air laut sedang surut, Anda dapat berjalan-jalan hingga sejauh 100 km ke tengah laut dan serunya lagi Anda dapat melihat hewan-hewan laut yang terjebak di dalam kubangan karang-karang.

Jika Anda seorang pecinta olahraga surfing, alangkah baiknya menuju ke Pulau Nusa Dharma yang lokasinya tak terlalu jauh, bahkan bisa dilihat dari pantai ini. Setelah berada di pulau ini bisa mencoba menikmati pesona alamna melewati jogging track dengan jalan kaki maupun bersepeda. Nah untuk penyuka surfing yang mencari ombak maksimal, harus masuk ke dalam sejauh 200 meter dari bibir pantainya.

Jika pembaca berkunjung ke obyek Pantai Samuh tentu tak hanya duduk berjemur dan bersantai saja hlo Sob. Selain berjemur, berenang, bermain pasir maupun menyelam, pengunjung juga dapat menghabiskan waktu dengan melakukan olahraga pantai seperti volli pantai ataupun sepak bola pantai.
Para pengunjungnya juga tak jarang yang menjadikan Pantai Samuh menjadi lokasi hunting foto yang menarik, seperti sesi foto pre wedding dan lain sebagainya. Jika akan berkunjung ke obyek wisata ini pastikan jangan lupa membawa kamera guna untuk mengabadikan momen-momen serunya.

Karena lokasi Pantai Samuh masih berada dikawasan Pantai Nusa Dua yang mana merupakan wilayah tempat wisata favorit untuk kunjungan wisatawan, maka sudah banyak tersedia sarana dan prasarana penunjang. Fasilitas disini bisa dikatakan lengkap, mulai dari cafe, restoran, hingga bermacam jenis pilihan tempat inap.

Lokasi Pantai Samuh tepat berada di sebelah selatan Pantai Tanjung Benoa atau dapat ditempuh  sekitar 35-45 menit perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Lokasinya sangat mudah sekali diakses dan untuk memasuki lokasinya tidak dikenakan tiket masuk hlo hanya saja akan dikenakan biaya parkir kendaraan saja.

Rute perjalanan :

Bandara Internasional Ngurah Rai - Jalan Tol Bali Mandara - Jalan By Pass Ngurah Rai - sebuah tugu bertuliskan “Welcome To Nusa Dua” ( Jalan Nusa Dua ) - bundaran BTDC belok kanan - Museum Pasifika dan Devdan Show Nusa Dua Theatre - area parkir.

Obyek wisata terdekat yang bisa dijadikan agenda berlibur berikutnya :


Baca juga :
Lebih baru Lebih lama