Museum Pasifika, Nusa Dua – Wisata Seru


Selamat datang diblog ini !!!, Bali adalah daerah yang mana memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik. Tak sedikit pula dari pengunjungnya tak bosan-bosan untuk datang kembali untuk mengeksplor segala tempat-tempat wisata didalamnya. Tak tanggung-tanggung hlo Sob, para pengunjungnya bukan cuma dari Indonesia saja bahkan dari luar negeri.

Sangat menyenangkan tentunya jika Anda berlibur di Pulau Bali ini, selain terkenal akan tempat wisata pantainya seperti Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, Pantai Sanur dan masih banyak yang lainnya. Jika pembaca ingin lebih tahu wisata pantai di Bali yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik alangkah baiknya klik link “13 Pantai Indah Di Pulau Bali Yang Disukai Wisatawan Indonesia”.

Sebenarnya dihalaman ini tidak membahas tentang obyek wisata pantai di Bali, melainkan akan membahan Museum Pasifika yang berada di kawasan elite Nusa Dua. Museum ini merupakan museum yang menyimpan ( mengoleksi ) lukisan berstandar Internasional. Walaupun koleksi seni di Museum Pasifika sebagian besar adalah permanen, di kawasannya sering diadakan eksibisi seni baik dari Bali sendiri, pelosok Indonesia maupun luar negeri.

Asalkan semua pembaca tahu, bahwa didalam Museum Pasifika menyimpan bermacam koleksi seniman dari seluruh seniman yang ada di wilayah Asia Pasifik. Oh ya, pada tahun 2004 silam museum ini belum dapat dikategorikan sebagai museum pada umumnya, melainkan sebuah Asia Pacific Art Centre.

Nah ketika di tahun 2006 barulah bangunan ini di namai dengan Museum Pasifika. Asal usul dari Asia Pacific Art Centre berubah menjadi sebuah museum, disebabkan karena jumlah koleksi seninya semakin lama makin bertambah. Tidak Cuma itu saja, karena letaknya yang cukup strategis yang mana berada dikawasan elite Nusa Dua, menjadikan museum ini ramai dikunujungi oleh wisatawan domestik dan tak luput juga wisatawan mancanegara.

Museum Pasifika di Nusa Dua didirikan tepat di tahun 2006 oleh Moetaryanto P & Philippe Augier yang menyajikan kebudayaan Asia dan Pasifik dan berbagai macam artefak budaya. Koleksi lukisan maupun barang-barang yang masih ada hubungannya dengan seni dari seniman se-Asia Pasifik bisa dibilang paling lengkap, hal ini dikarenakan terus bertambah dari tahun ketahun.

Pada tahun 2011 Museum Pasifika mendapatkan sebuah penghargaan dari pemerintah sebagai Wonderful Indonesia Award 2011 dalam kategori Museum. Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa Museum Pasifika wajib untuk tetap dilestarikan, karena didalamnya menyimpan pengetahuan sejarah kyang mana akan bermanfaat bagi generasi penerus kita.

Barang-barang koleksi didalam Museum Pasifika dipisahkan menjadi 11 ruangan yang mana dibedakan menurut kategori dan asal dari seniman, ulasan lengkapnya adalah sebagai berikut : 

Ruangan I, barang-barang kesenian yang di  buat oleh para seniman Indonesia
Ruangan II, barang-barang kesenian yang di buat oleh para seniman Italia yang berada di Indonesia
Ruangan III, barang-barang kesenian yang di buat oleh para seniman Belanda yang berada di Indonesia
Ruangan IV, barang-barang kesenian yang di buat oleh para seniman Prancis yang berada di Indonesia
Ruangan V, barang-barang kesenian yang di buat oleh para seniman Indonesia-Eropa yang berada di Indonesia
Ruangan VI, barang-barang kesenian yang berjenis temporer
Ruangan VII, barang-barang kesenian yang di buat oleh para seniman Indochina Penin Sula ( Laos, Vietnam, dan Cambodja )
Ruangan VIII, barang-barang kesenian yang di buat oleh para seniman Polynesia dan Tahiti
Ruangan IX, Kesenian Premier dari Vanuatu serta lukisan-lukisan dari benua pasifik hasil karya dari Aloi Pilioko dan Nicolai Michoutouchkine
Ruangan X, Tapa dari Oceania dan Pasifik
Ruanagn XI, barang-barang kesenian yang dibuat oleh pekerja seni di Jepang, China, Thailand, Malaysia, Myanmar dan Filipina

Lokasi Museum Pasifika terletak di kawasan BTDC Area Blok P, Nusa Dua – Bali, jika pembaca dari Bandara Internasional Ngurah Rai untuk sampai ke loakasi akan membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit perjalanan.

Harga tiket masuk :

Rp 50.000 / Wisatawan Negara Indonesia ( WNI )
Rp 70.000 / Wisatawan Negara Asing ( WNA )
Buka mulai pukul 10.00-18.00 WITA 

Fasilitas yang tersedia :

Area, Rest Room, Restaurant & Function Room dan lain sebagainya.

Obyek wisata terdekat :


Baca juga :
Lebih baru Lebih lama