Lembah Pantunan Bangli


Hay sahabat blogger, apakah anda lagi mencari informasi tempat-tempat wisata yang akan dijadikan lokasi piknik ? Tentunya sebelum mengunjungi obyek wisata tertentu, alangkah baiknya terlebih dahulu mengetahui apa saja yang tersaji didalamnya. Selain itu, akan sedikit memberi bekal yang akan dipersiapkan. Yuk kita bahas obyek wisata Lembah Pantuann Bangli. 

Saat mengagendakan liburan di Pulau Bali, pasti pembaca tak asing dengan obyek wisata pantai yang sudah menjadi identiknya. Namun berada di Kabupaten Bangli yang merupakan daerah pegunungan, rasanya mencari obyek wisata pantai tidak ada dikawasnnya. Nah, untuk mensiasatinya anda bisa melakukan kegiatan piknik di Lembah Pantunan Bangli.

Kelebihan Lembah Pantunan Bangli ialah memiliki hamparan sawah indah dan mempesona yang lokasinya tepat berada didasar bukit kecil. Keindahnnya tidak dapat dipungkiri, karena keadaan alam nan eksotik inilah pemerintah setempat lebih memaksimalakan pariwisata di Kabupaten Bangli. Berada dikawasan Lembah Pantunan Bangli keadaan alamnya masih sangat alami dan sejuk, walaupun begitu para wisatawan yang berkunjung bisa dikategorikan masih sepi.

Bagi wisatawan yang menginginkan suasana tenang, disinilah tempat wisata yang cocok untuk kalian. Karena kenyamanan yang akan diperoleh, pasti akan betah berlama-lama dengan menjelajah pedesaan yang jauh dari polusi udara dan kebisingan kota. Sebelumnya dibenak para pembaca bertanya-tanya dengan nama obyek wisata ini yakni apasih “Lembah Pantunan” itu ?

Kata Lembah Pantunan yang digunakan sebagai nama obyek wisata tersebut di ambil dari kata lembah yang berarti suatu persawahan yang mana berlokasi dilembah yang berlatar belakang bukit di sisinya dengan hasil persawahan berupa pantunan atau tanaman padi ( beras ). Saat berada disini, kalian akan melihat pemandangan yang sempurna, seperti persawahan yang berundak dengan sebutan sawah terasering.

Terlebih lagi jika saat berkunjung tepat pada saat padi mulai menghijau, suasana yang akan diperoleh pastinya kan lebih mengesankan. Disaat menelusuri lembahnya, para pembaca akan mendapati beberapa buah mata air yang memiliki fungsi berbeda, yakni :

  • Mata Air Sudamala : air suci ini difungsikan sebagai penglukatan atau pembersiahan.
  • Mata Air Bulan ( Yeh Bulan ) : yang mana di pakai untuk membersihkan diri setelah selesai melaksanakan ritual upacara potong gigi.

  • .Mata Air Ampuhan Pangi, Surya : air ini difungsikan untuk membersihkan tubuh agar terhidar dari gangguan roh jahat.

Berwisata ke Lembah Pantunan Bangli bersama keluarga tentunya akan menyenangkan, berada dialam pedesaan dengan berbagai pesona dan panorama nan unik yang dihadirkan maka akan mendapatkan pengalaman yang tak mudah terlupakan. Selain itu juga, mengenalkan tentang kehidupan penduduk yang masih mengolah sawahnya secara tradisional.

Didaerah ini masih menggunakan tata cara irigasi tradisional khas Bali yang dinamakan subak, serta bisa belajar proses pembibitan, pengolahan sawah hingga sampai akhirnya panen raya. Dengan sajian paronama alam yang sangat mengesankan ini, setiap hari tak jarang selalu ada wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung.

Untuk menikmati sajian wisata yang ada, kebanyakan dari mereka berkeliling menggunakan sepeda sembari melihat keindahan persawahan terasering yang patut diabadikan dengan jebretan kamera. Jika belum puas, cobalah camping setidaknya satu malam saja, pastinya kalian akan merasakan betapa damainya Lembah Pantuanan Bangli ini.

Alamat :

Desa Bang Sidem, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Indonesia.

masih belum pusa berwisata di tempat ini, dibawah masih ada beberapa tempat wisata yang seru lainnya di Kabupaten Bangli, yuk baca selengkapnya :


Lebih baru Lebih lama