Desa Sidan Gianyar - Sidan Village


Hay sahabat blogger yang berencana berlibur di Pulau Baliatau bahkan sudah berada di kawasannya lagi mencari informasi tentang obyek wisatanya. Anda saat iini berada di kabupaten Gianyar dan mencari obyek wisata di kawasannya, yuk ulas obyek wisata Desa Sidan atau sering di sebut oleh wisatawan asing dengan sebutan Sidan Village.

Mungkin dari sebagain pembaca masih asing mendengarnya atau malah belum pernah mendengar tentang obyek wisata kali ini. Oke deh, penulis akan menjelaskan secara detai apa saja sih yang di tawarkan oleh Desa Sidan ini. Sepertti halanya desa wisata lainnya, Desa Sidan juga menawarkan panorama dan keindahan alam yang bisa anda jadikan alternatif baik yang sering berlibur ke Bali atau yang baru pertama kali sekalipun.

Menurut cerita yang didapatkan dari masyarakat setempat bahwasannya sejarah tentang letak Desa Sidan ( Kerajaan Sidan ) pada awalnya berada di Dusun Pegesangan yang jaraknya sekitar 1 km sebelah selatan Desa Sidan yang sekarang. Belum didapatkan secara detail tentang sebab dipindahkannya Kerajaan Sidan ke Utara dan asal muasal dinamakan sedemikian rupa.

Oke yuk kembali ke pembahasan utamanya, di kawasan Desa Sidan menawarkan pemandangan alam yang alami, asri, dengan udara yang sangat sejuk. Hal tersebut dikarenakan lokasi dari pada Desa Sidan berada di daerah perbukitan. Oh iya Sob, selain menawarkan keindahan alamnya, Desa Sidan juga memiliki objek wisata purbakala peninggalan zaman dulu dan tak luput objek wisata yang sengaja dibangun, rinciannya adalah sebagai berukut :

  • Pura Dalem Sidan


Pura ini dibangun sekitar abad ke-17 oleh tetua dari Pura Sidan yang bernama “I Dewa Gede Pindi “ dan Kemudian di tahun 1948 pura ini direnovasi oleh putera I Dewa Gede Pindi yang bernama “I Dewa Kompyang Pindi”. Arsitektur dan bentuk dari Pura Dalem Sidan tak jauh berbeda dengan pura-pura lainnya di bali, hanya saja keunikannya terlihat jelas pada hiasannya yang berupa banyaknya relief dan ukiran yang berciri khas dan sarat dengan filosofi Agama Hindu.

  • Stage Barong Sidan


Adalah areal di sebelah barat Pura Dalem Sidan, tempat ini biasanya dimanfaatkan untuk menyaksikan berbagai pertunjukan kesenian-kesenian khas Bali. Bangunana ini tepatnya di areal teras pesawahan yang memiliki pemandangan yang eksotis. Nah, jika anda ingin menyaksikan berbagai pertunjukan Barong khas Sidan ( Barong Taru Pramana ), disinilah tempatnya.

  • Pura Bukit Camplung


Letak pura ini tepat berada 100 meter di sebelah Timur Laut Pura Dalem Sidan. Jika diamati dari segi bangunannya, Pura Bukit Camplung atau bernama lain Pura Masceti bisa dibilang sangat megah yang mana berdiri dengan kokoh diatas tebing. Menariknya lagi, bahwa di tebing tersebut penuh dengan tulisan-tulisan kuno yang hingga detik ini tak ada yang tahu makna ataupun asal muasalnya.

Tak sedikit masyarakat setempat yang percayai bahwa didalam Pura Bukit Camplung dijadikan tempat para dewa untuk menganugerahkan Gambelan Angklung Sidan. Selain itu, banyak juga yang mempercayai di selokan mata air kecil yang berada di tebing sebelah Utara bisa menjadi lantaran untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Pura Bukit Camplung disebut-sebut dengan nama Pura Masceti ini memiliki suatu alasan yakni masyarakat pengemongnya adalah 9 subak ( suatu Organisasi Petani Bali yang masih menggunakan metode tradisional ) di Desa Sidan.

Jika pembaca ingin berwisata di Desa Sidan yang penuh dengan keseruan dalam kegiatan berwisata ini anda bisa menuju ke Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, provinsi bali, indonesia.


Yuk eksplor lagi keseruan dari obyek wisata di kabupaten Gianyar, lebih detailnya lihat dibawah ini ya Guys :

Relief Bitera Gianyar - Bali

Lebih baru Lebih lama