Desa Pemuteran Bali – Wisata Buleleng


Ingin mendapatakan pengalaman berlibur di Pulau Bali yang seru, unik, menarik dan tentunya akan sangat menyenangkan. Yuk Guys, kita bahas obyek wisata di kabupaten Buleleng ini yakni Desa Pemuteran yang mana sebuah desa kecil di pinggir pantai. Pantai Pemuteran di Desa Pemuteran ini terkenal dengan keindahan alam, bersuasana tenang,  dan lain sebagainya.

Pada saat Anda sampai di Desa Pemuteran, sejauh mata memandang akan dimanjakan dengan nuansa alam yang masih sangat alami dan udara yang bebas dari polusi. Meskipun demikian, wisatawan yang mengunjunginya masih relatif sepi tak seperti di Pantai Kuta atau wisata terkenal di Bali.

Suasana khas desa inilah yang bisa digunkanan untuk merefrehs diri dari kesibukan sehari-hari apalagi dengan hiruk-piruk keramain kota yang serba semrawut dan ribetnya kemacetan jalanan. Ketenangan semakin terasa, jika pembaca bersantai di Pantai Pemuteran dengan lanskapnya dikelilingi oleh bukit-bukit yang berdiri dengan kokohnya nan indah mempesona.

Desa Pemuteran dulunya merupakan sebuah desa tandus, sebaian besardari penduduknya bekerja sebagai nelayan. Diceritakan pada tahun 80-an, warga Desa Pemuteran yang bekerja sebagai nelayan menggunakan BOM ikan untuk menangkap ikan secara masal yang tak mmeperdulikan lingkungan terumbu karang.

Kemudian tokoh masyarakat ( I Gusti Agung Prana ) sadar betapa pentingnya lingkungan terumbu karang di Desa Pemuteran ini. Kemudia Ia mengajarkan kepada masyarakat betapa pentingnya lingkungan bagi manusia terutama lingkungan di bawah laut. Berkat kerja kerasnya perlahan-lahan masyarakat mulai sadar dengan cara mereka yang salah dalam mencari ikan.

Lambat lau berjalannya waktu, Desa Pemuteran dikenal sebagai desa wisata yang sangat indah dan menawan. Desa Pemuteran terkenal dengan pantainya yang eksotik dan mempesona dengan kondisi ombak yang relatif kecil. Karena suatu alasan agar di Desa Pemuteran selalu terjaga ketentraman dan kenyamanan para pengunjungnya.

Maka tidak akan ditemukan seperti halnya hotel megah, bahkan bar, restoran dan tempat hiburan lainnya. Di kawasan wisatan nan nyaman ini hanya ada beberapa tempat penginapan kecil beberbentuk pondok dengan halaman yang luas. Kebanyakan wisatawan yang menginap ialah wisatawan dari mancanegara.

Saat akan menginap di penginapan ini, para pengunjung akan ditawari 2 buah pilihan diantaranya penginapan yang memiliki fasilitas TV atau tidak.

NB : Di Desa Pemuteran ada suatu kelompok pemuda setempat yang melakukan kegiatan rehabilitas terumbu karang. Mereka menanam beberapa rumpon dan diberi terumbu karang ( rumah ikan buatan ) yang dialiri listrik bertegangan rendah ke dalam laut sedalam 7-12 meter. Aliran listrik ini berfungsi mempercepat pertumbuhan terumbu karang hingga mencapai 6X dari pertumbuhan dialam aslinya.

Selain itu juga ditenggelamkan beberapa arca atau patung khas Bali yang ditujukan untuk memepercantik nuansa alam bawah lautnya. Keindahan terumbu karang di Pantai Pemuteran kini sangat mengaggumkan, terdata ada setidaknya sebanyak 80% dari jenis terumbu karang di indonesia ada disini.

Obyek wisata Desa Pemuteran dengan suguhan alam bawah laut maupun alam darat yang luar biasa mempesonanya ini berada di  Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Indonesia. Lokasinyapun cukup dekat dengan wisata Pantai Lovina maupun Pura Pulaki Buleleng.

Oke Guys dibawah ini masih ada banyak lagi hlo tempat wisata menarik di Kabupaten Buleleng, Yuk baca selengkapnya :

Budidaya Mutiara Singaraja – Wisata Bali Yang Seru



Lebih baru Lebih lama