Bumi Perkemahan Blah Kiuh – Wisata Keluarga Menyenangkan




Berlibur bersama keluarga tentu sangat menyenangkan, selain bisa mempererat hubungan juga bisa membangun keluarga yang harmonis. Nah, disaat berlibur ke Bali tak ada salahnya melakukan kegiatan berkemah di Bumi Perkemahan Blah Kiuh. Suasana dikawasa ini sangat tenang yang mana jauh dari keramaian dan hiruk piruk keramaian kota.

Sehingga cocok bagi Anda yang ingin menimati suasana alam yang nyaman, selain itu pemandangan disekitar juga sangat eksotis indahnya. Pepohonan beserta tumbuhan liar dibiarkan tumbuh secara alami, sehingga para wiatawan yang berkemah bisa mendapatkan kesan alam nan alami yang benar-benar menyatu.

Kesan liburanmu akan semakin seru bermain di area pohon-pohon besar, tanah yang bergunduk dan sawah dengan sebuah permainan yang sering disebut outbound. Mencari sumber air bersih dikawasannya tak sesulit yang dibayangkan, karena sudah disediakannya tempat khusus untuk mandi dengan sumber air alam yang sangat jernih dan tentunya menyegarkan.

Tempat mandi ini sudah ada sejak dulu yang berbentuk seperti pemandian umum bali kuno yang dikelilingi tembok dan ukiran khas Bali. Keadaan fisik tersebut malah menjadi nilai plus, sebab suasana alam  beserta suasana balinya berdominasi dengan serasi dan terasa kental. Suhu udara pada saat malam hari bisa dibilang sangat dingin.

Alangkah baiknya sebelum berkemah di Bumi Perkemahan Blah Kiuh hendaknya persiapkan segala perlengkapan yang lengkap. Jik hujan, bisa berteduh ke sebuah bangunan yang bernama “wantilan” yang cukup luas. Oh iya wantilan adalah bangunan khas Bali yang fungsinya serbaguna, yang biasanya dugunakan untuk acara rapat, pementasan atau acara serupa yang melibatkan banyak orang.

Sejarah punya sejarah warga setempat yang sudah dihimpun informasinya, bahwa obyek wisata Bumi Perkemahan Blah Kiuh dahulunya pernah dijadikan sebagai tempat peristirahatan keluarga Kerajaan Mengwi. Sehingga di tempat ini dapat ditemui sebuah kolam dan tempat pemandian umum kuno.

Dengan berjalannya waktu di kawasan obyek wisata Bumi Perkemahan Blah Kiuh disediakannya beraneka fasilitas yang memadai seperti dengan kolam renang, lapangan tenis, restoran, juga penginapan yang dikelola oleh pemerintah setempat. Karena sebab inilah tempat perkemahan disini menjadi salah satu bumi perkemahan paling diminati oleh wisatawan ketika berkunjung di Bali.

Sebagian besar pencaharian penduduk sekitar Bumi Perkemahan Blah Kiuh adalah sebagai petani, pedagang dan juga pegawai negeri. Namun di waktu tertentu banyak warga yang berjualan kebutuhan-kebutuhan pengunjung mulai dari makanan, minuman dan juga cinderamata. Bagi pembaca yang berencana berkemah  bersama keluarga maupun teman-teman maka  Bumi Perkemahan Blah Kiuh bisa dijadikan tempat yang seru dan menyenangkan.

Lokasi Bumi Perkemahan Blah Kiuh berada di Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Provinsi Bali Indonesia. Dimana jaraknya cukup dekat dengan oyek wisata terkenal di Badung yakni Taman Ayun Mengwi dan Monkey Forest ( Sangeh ). Dari Kota Denpasar jaraknya sekitar 19 km atau ke arah Barat dari jalan raya Denpasar sekitar 2 km – Petang depan kantor kepolisian Blahkiuh.

Selain sering digunakan untuk berkemah keluarga, Bumi Perkemahan Blah Kiuh juga kerap kali digunakan untuk kegiatan kepramukaan dengan berbagai kegiatannya seperti pendidikan Palang Merah Remaja dan lain-lain. Walaupun demikian, tak jarang pula yang menjadikannya untuk acara gathering merayakan ulang tahun perusahaan, organisasi, instansi pemerintahan dan lain sebagainya.

Baca juga :
Lebih baru Lebih lama