Air Terjun Tibumana - Air Terjun Kembar



Pulau Bali memiliki segudang tempat wisata yang eksotis, maka dari itu daearah ini terkenal hingga di luar negeri. Bahkan wisatawan mancanegara lebih mengenal Bali daripada Indonesia lo, hal ini disebabkan karena meraka belum tahu daerah Bali berada di kawasan Negara Indonesia. Tentunya pengakuan tersebut tak mengherankan, karena sebagaian dari mereka sering berlibur di Bali.

Sebagai destinasi wisata di Kabupaten Bangli yang tak luput dibahas adalah Air Terjun Tibumana atau Tibumana Waterfall yang memiliki keindahan nan eksotik. Air terjun ini adalah air terjun kembar yang mana terjunan airnya mengucur berdampingan. Di antara kedua terjunan airnya tersebut terdapat sebuah lubang ( goa ) yang tepat berada  di belakangnya.

Untuk suasana dikawasannya bisa dibilang masih sangat asri, alami dengan kondisi udaranya pun tergolong sejuk dan cenderung dingin. Dengan memiliki dua terjuanan air tersebut banyak orang yang menamainya sebagai Air Terjun Kembar. Jika diamati memang aliran airnya mirip, namun terkadang salah satu dari kedua air terjunnya berhenti mengalir.

Terkadang pula yang satu deras dan yan satunya lagi sebaliknya, debit air terjun ini tidak menentu dimana akan lebih deras pada saat musim hujan. Di sekitaran lokasi air terjun banyak didapati pepohonan hijau yang tumbuh dengan suburnya dan ada pula yang menempel di dinding-dinding tebing.

Obyek wisata Air Terjun Tibumana dulunya adalah tempat wisata yang terisolasi, yang dikarenakan tidak ada jalur jalan untuk mengaksesnya. Namun, penduduk setempat sekarang membuat akses jalan untuk mempermudah mencapai lokasi. Untuk bisa sampai ke lokasi, pembaca harus melewati puluhan anak tangga.

Kondisi jalan sedikit terjal, jadi sangat di butuhkan perjuangan yang ekstra. Kelelahanmu dalam perjalanan akan terbayar oleh keindahan yang tersaji di kawasan Air Terjun Tibumana hlo Guys.  Keindahan alamnya sungguh sangat menyejukkan jiwa, seperti tebing-tebing yang diselimuti lumut hijau, air terjun yang jernih serta palung sungai berwarna biru merupakan doiminasi yang menarik untuk dijadikan spot berfoto atau berselfie ria anda.

Selain itu sudah disediakn tempat duduk yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil mengagumi keindahan alam yang ciptakan Sang Pencipta ini. Oh iya Air Terjun Tibumana memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dibawahnya terdapat kolam yang cukup tenang serta tidak terlalu dalam.

Jika pembaca ingin melihat dan menikmati keindahan air terjun lainnya, tak jauh dari lokasiair Terjun Tibumana ada obyek Air Terjun Pengibul yang tentunya juga memiliki keindahan yang patut anda lihat. Jika berminat anda harus berjalan menyusuri jalanan setapak lagi sejauh kurang lebihnya sekita 1 kilometer.

Alamat :

Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Indonesia.

Di bawah ini masih ada lagi lo Guys, tempat wisata di Kabupaten Bangli yang menarik lainnya. Yuk baca :




Lebih baru Lebih lama