Air Terjun Les / Air Terjun Yeh Mapeh – Wisata Bali


Air Terjun Les adalah salah satu objek wisata air terjun di Pulau Bali yang bisa dijadikan ageda selanjutnya setelah berlibur di Pantai Lovina. Obyek wisata ini juga sering disebut sebagai Air Terjun Yeh Mampeh yang mana berasal dari bahasa Bali yang memiliki arti “air terbang”. Sebab air yang jatuh seolah-olah sedang terbang sebelum akhirnya jatuh di kolam yang berada dibawahnya.

Ketika berada di obyek wisata Air Terjun Les, sekujur tubuh akan diterpa embun segar. Fenomena alam ini mampu menyegarkan tubuh, pikiran bahkan akan terbuai dengan keindahan yang disuguhkan.nKeindahan alam dikawaannya sangat fantastik berlatar belakang perbukitan, hal tersebut juga bisa menambah daya pikat bagi wisatawan yang datang.

Lokasinya berada di perbukitan Yangudi dan Bukit Pungsu di Buleleng Timur, dengan 3 tingkatan terjun yang mana terjunan paling bawah memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 30 meter. Sementara dua tingkatan di atasnya sangat jarang dikunjungi wisatawan, karena medan jalan untuk mengaksesnya cukup sulit, terjal dan berbahaya.

Selain menikmati keindahan alam yang di sajikan Air Terjun Les, pengunjung juga bisa menikmati tempat wisata lain didekatnya yang juga memiliki keeksotisan tersendiri yakni mata air Toya Anakan. Masyarakat setempat sangat mensucikan dan memiliki pesan religius, hal ini dikarenakan lokasi mata air Toya Anakan sering digunakan untuk sarana upacara keagamaan mereka ( upacara yadnya bagi umat Hindu ).

Ada adat yang masih dilestarikan hingga saat ini, dimana sebelum mengambil airnya masyarakat setempat terlebih dahulu akan menghaturkan sesajen sebagai tanda meminta dan juga bertujuan sebagai menjaga kesucian air tersebut. Selain itu, mata air Toya Anakan juga dijadikan tempat sakral dan bagi wisatawan yang berkunung harus menaati peraturan yangsudah ditetapkan, seperti dilarangnya berbicara kasar atapun jorok.

Obyek wisata terdekat :


Alamat :

Desa Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Indonesia.

Rute perjalanan :

Kota Denpasar - Ubud atau Kintamani - Kota Singaraja - pertigaan belok kiri ( persimpangan Kubutambahan, Singaraja, Bondalem / Madenan dan Amlapura ) - pertigaan belok kanan ( Jalan Raya Singaraja – Amlapura ) - Desa Les – area parkir Air Terjun Les - berjalan kaki sejauh 500 meter - Air Terjun Les.

Baca juga :

Kebun Raya Bedugul – Informasi Piknik Bali

Inidia Daftar Air Terjun Di PuLau Bali

Air Terjun Aling-Aling - Aling-Aling Waterfall

Air Terjun Juwuk Manis – Lihatlah keindahannya



Lebih baru Lebih lama