Air Terjun Kutuh, Bangli – Terjaga Kealamiannya


Nah ini dia wisata air terjun di Bali yang bisa dijadikan agenda wisata selanjutnya ketika Anda dari obyek wisata Pantai Lovina maupun Air Tejun Les atau Air Terjun Yeh Mapeh. Seperti namanya, Air Terjun Kutuh terletak di Desa Kutuh yang mana merupakan desa terpencil yang berada di perbatasan Kabupaten Bangli dan Kabupaten Buleleng.

Lokasi desa ini juga berada di daerah pegunungan Kintamani dan memiliki sebuah daya tarik berupa kealamiannya masih sangat terjaga yang dikarenakan belum banyaknya pengunjung lokal maupun mancanegara. Hal ini tentu tak mengherankan tetunya, sebab letaknya cukup jauh dari pemukiman  dan desa.

Untuk bisa sampai kelokasinya saja, pembaca harus rela berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebihnya 3 km dari Desa Kutuh. Namun selama perjalanan tak akan merasakan lelah, sejauh mata memandang akan dimanjakan keindahan panorama disekitar yang masih asri, udara sejuk, pepohonan rindang dan pokoknya mengasyikkan deh.

Sepanjang jalan yang akan kamu lalui juga masih penuhi dengan rumput-rumput liar sehingga menciptakan kealamian alam yang virgin. Dibeberapa jalan sudah disedikan tangga dan sekaligus tempat berpegangan, dengan kondisi jalan berjurang terjal disekitarnya. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, intinya siapkan fisik, dan persiapan yang matang beserta perlengkapan trekking yang mempuni.

Hampir saja kelewatan, Air Terjun Kutuh memiliki 2 tingkatan air terjun yang mana ukuran tingkat pertama lebih panjang dari pada tingkat ke dua. Total ketinggian air terjun seluruhannya sekitar40 meter. Air yang di curahkan pada air terjun tingkat pertama berdebit kecil dan cenderung bersuhu panas.

Lebih jelasnya, keberadaan Air Terjun Kutuh ini berada tepat di arah barat daya Desa Subaya yakni di tengah-tengah hutan yang mana aliran airnya mengalir menuju ke Desa Les dan Desa Tejakula.

Alamat :

Desa Kutuh, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Indonesia.

Rute perjalanan :


Kota Denpasar - Ubud atau Kintamani - Kota Singaraja - pertigaan belok kiri ( persimpangan Kubutambahan, Singaraja, Bondalem / Madenan dan Amlapura ) - pertigaan belok kanan ( Jalan Raya Singaraja – Amlapura ) - Desa Kutuh.

Baca juga :

Pantai Mengiat Keindaan Yang Menyenangkan

Pantai Segara Ayu Sanur - Spot Sunrice Di Pulau Bali

Pantai Jerman Bali – Pantai Cantik Di Kuta

Inidia Daftar Air Terjun Di PuLau Bali



Lebih baru Lebih lama