Air Terjun Juwuk Manis – Lihatlah keindahannya


Alam di Pulau Bali memang begitu indah,  terbukti banyak sekali wisatawan yang melakukan aktivitas liburannya didaerah ini. Nah jika anda sedang ada di Bali, takk ada salahnya berwisata alam di Air Terjun Juwuk Manis. Wisata air terjun kali ini menawarkan pemandangan air terjun mini yang mempunyai aliran air yang tenang, jernih dan segar.

Walaupun ketinggian Air Terjun Juwuk Manis hanya 4 meter saja, air terjunnya terdiri dari dua air terjun kecil yang berdampingan. Sementara tepat di bawahnya terdapat kolam kecil yang sering digunakan oleh pengunjungnya untuk mandi maupun bermain air. Paronama alam, keindahan, serta suasana di sekitar Air Terjun Juwuk Manis bisa dijadikan pilihan untuk menenangkan diri ataupun merefresh fikiran.

Oh iya yang pertu dipatuhi dan diperhatikan untuk masuk ke daerah Air Terjun Juwuk Manis adalah dilarangnya bagi wisatawan ( khususnya wanita ) yang sedang datang bulan. Hal ini disebabkan karena lokasinya masih berada di kawasan suci Pura, sehingga tempat ini sangat di jaga kesuciannya serta disakralkan oleh penduduk setempat.

Hal lain yang akan sulit Anda lupa ialah suasananya masih sangat alami, udaranya bersih sebersih lokasi air terjun yang selalu dijaga. Tentunya suasanan ini bisa menenangkan hati, terutama bagi Kamu yang lagi sunpek dengan keramaian kota. Rasanya berwisata disini tak cukup satu hari saja, tak jauh dari lokasi wisata terdapat home stay dan penginapan dengan harga yang berfariasi.

Dari areal parkir agar bisa samapi ke Air Terjun Juwuk Manis hanya bisa diakses dengan berjalan kaki menelusuri jalan setapak dan tangga. Jalur jalan tersebut kurang lebihnya sejauh 1 km yang akan melewati perkebunan cengkeh dan kopi. Bagi wisatawan penghobi aktivitas trekking, hal ini akan menjadi suatu pengalaman berlibur yang seru.

Tapi bagi mereka yang tidak terbiasa berjalan kaki, maka perjalanan ini akan terasa berat karena membutuhkan fisik dan stamina yang lebih. Eits tenang dulu, kamu bisa beristirahat di dua pos istirahat yang sudah disediakn, pos ini mirip seperti bangunan “pendopo” pada umumnya. Tidak ada tiket masuk yang dibadrol, namun hanya pemberian ala sekedarnya guna untuk merawat atau membangun fasilitas di kawasan  Air Terjun Juwuk Manis.

Alamat :

Dusun Juwuk Manis, Desa Manggissari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, Indonesia.

Rute perjalanan :

Kota Denpasar - Gilimanuk - perempatan Desa Pangyangan tepatnya di samping Balai Desa Pangyangan -  belok kanan - area parkir Air Terjun Juwuk Manis ( dekat LPD Juwuk Manis ).

Lebih baru Lebih lama