Air Terjun Aling-Aling - Aling-Aling Waterfall


Obyek wisata di Bali tak cuma terkenal dengan keindahan pantainya saja, banyak sekali tempat-tempat wisata selain pantai sebagai contohnya air terjun. Membahas mengenai wisata air terjun, banyak juga yang ditawarkan Pulau Bali yang mana tak kalah indahnya dengan wisata air terjun yang ada di pulau lain di Indonesia.

Di artikel yang sederhana kali ini akan membahas tentang keindahan yang dimiliki Air Terjun Aling-Aling atau bernama lain Aling-Aling Waterfall. Selain Air Terjun Aling-Aling tak jauh dari kawasan atau daerahnya juga ada beberapa air terjun, seperti : Air Terjun Kroya, Air Terjun Kembar, Air Terjun Cemara, Air Terjun Canging, Air Terjun Dedari dan juga Air Terjun Pucuk.

Ketinggian Air Terjun Aling-Aling sendiri kurang lebihnya sekitar 38 meter, ialah air terjun utama dan diatas Air Terjun Aling-Aling masih ada lagi tempat yang sangat indah bernama “Secret Garden”. Keunikan yang dimiliki air terjun ini adalah puncaknya terpecah menjadi dua bagian terjunan air yang berdampingan.

Yang mana air terjun di sebelah kanan debit air yang dicurahkannya lebih besar bila dibandingkan dengan yang kiri. Kondisi fisik Air Terjun Aling-Aling diapit oleh tebing-tebing tinggi dengan pepohonan yang tumbuh subur disekelilinginya. Sementara tepat di bawah air terjun terdapat cekungan kolam dengan kedalaman sekitar 12-14 meter.

Seperti sudahdikatakan admin diatas tadi, bahwa ada tempat yang sangat indah bernama “Secret Garden”. Jika pembaca ingin mengunjunginya, pembaca harus kembali ke tempat parkir dan menuju kedesa sebelah selama 15-20 menit melewati persawahan penduduk, serta trekking menuruni bukit dan sampailah di Secret Garden.
                          Secret Garden
Tidak ada biaya tiket masuk, namun jika pembaca ingin mandi di Air Terjun Aling-Aling akan dikenakan biaya sebesar Rp 75.000 untuk jasa Guide. Hal ini sangat penting, selain demi keselamatan Anda juga pengalaman berlibur akan semakin menyenangkan dan tak ada problem.

Alamat :

Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali.

Rute perjalanan :

Kota Denpasar - Singaraja -Terminal Sukasada - pertigaan depan Balai Desa Sambangan – plang penunjuk bertuliskan “Aling-aling Waterfall” - area parkir - berjalan kaki melewati pematang sawah - naik turun ratusan anak tangga sejauh 400 meter  - Air Terjun Aling-Aling.

Baca juga :

Air Panas Alam Banjar – Obyek Wisata Populer Di Bali

Kebun Raya Bedugul – Informasi Piknik Bali

Upside Down Word Bali – Hal Menarik & Informasi

Danau Beratan Bedugul – Hal Menarik & Informasi



Lebih baru Lebih lama