Air Panas Alam Banjar – Obyek Wisata Populer Di Bali


Hay sahabat-sahabatku yang sudah lelah berlibur menelusuri indahnya obyek wisata Bali, alangkah baiknya menenangkan pikiran dan mengistirahatkan badan sejenak. Salah satunya adalah mandi air panas bisa menjadi solusinya. Bagaimana Anda tertarik untuk mengunjungi dan merilekskan pikiran besrta badan di kawasannya ? cusss lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai.

Air Panas Alam Banjar atau Banjar Hot Springs adalah satu dari banyaknya tempat pemandian air panas di Pulau Bali yang populer oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Tempat wisata ini menjadi tempat wisata terfavorit yang berada di kawasan Bali utara. Maka dari itu setiap harinya tak pernah sepi oleh wisatawan yang menikmati hangatnya air disini.

Air panas dikawasan ini bersumber dari mata air alam yang dipercaya oleh banyak pengunjungnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit, nah hal tersebut adalah salah satu daya tarikya. Kepercayaan tersebut bukan tak mempunyai alasan, karena didalam air panas ini mengandung belerang yang mana zat yang bisa membunuh kuman.

Pegelolaan objek wisata Air Panas Alam Banjar memang bisa dikatakan masih sangat sederhana, namun tak membuat para pengunjungnya enggan untuk menghampirinya. Tak sedikit pula yang pernah merasakan sensati hangatnya air merasa ketagihan dan ingin datang lagi dan lagi. Perlu diketahui bahwa selain bisa menyembuhkan bermacam penyakit kulit, keadaan alamnya juga masih sangat asri dan menyenangkan.

Usut punya usut cerita warga sekitar, bahwasannya sumber daripada mata air panas Banjar ini sudah ada sejak ratusan tahun silam. Kurag lebihnya sudah ada di masa pendudukan Jepang, yang mana lebih dibenahi serta dimaksimalkan peran dan fungsinya. Tatkala itu pemerintahan Jepang membangun kolam penampungan air sebanyak 3 buah.

Dan pembangunannya ini dimaksutkan untuk berendam yang mana airnya di gunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit. Keberadaan 3 kolam tersebut hingga kini masih di pertahankan hlo sobat, berikut specktifikasinya :

Kolam Air Panas I

Kolam I adalah kolam yang luasnya yang paling kecil diantara 2 kolam lainnya, sedangkan kedalamannya hanya sedalam 1 meter saja. Di dalam kolam ini dibuatkan 8 buah pancuran yang airnya mengalir mulut dari 8 buah kepala naga. Kebanyakan dari wisatwan yang berkunjung, mengajak anak-anak untuk berenang maupun berendam di kolam ini.

Kolam Air Panas II

Kolam II letaknya berdampingan dan tepat berada di bawah kolam air panas I, itu sebabnya air yang berasal dari kolam I akan di alirkan menuju ke kolam II melalui patung kepala naga. Jumlah kepala kepala naga yang mengeluarkan air di kolam II tak sebaanyak kolam I, disini kepala naga berjumlah 5 buah.

Dari segi ukurannya juga berbeda, lebar dari kolam II lebih laus dan lebih besar di antara kedua kolam lainnya. Lebar kolam II sekitar 10 meter dengan panjang 12 meter serta kedalamannya mencapai 1,5 samapi 2 meter. Biasanya kolam II ini di penuhi oleh wisatawan ( dewasa ) untuk berenang dan menikmati hangatnya suhu air.

Kolam Air Panas III

Lokasi kolam yang satu ini terpisah dengan kolam-kolam yang sudah disebutkan diatas yakni di sebelah baratnya, dimana didalamnya hanya terdapat tiga buah pancuran naga. Yang menjadikannya terletak jauh dari yang lainnya karena memiliki ketinggian dari pancuran patung naga mencapai 3,5 meter.

Hal ini akan membuat air panas yang jatuh akan sangat terasa jika berada tepat di bawah pancuran kepala naga. Sedangkan kedalamannya sendiri rata-rata sama dengan kolam yang lainnya. Selain itu punggung serasa seperti dipijat, kerena reaksi air yang jatuh dari ketinggian 3,5 meter tersebut.

Setelah puas mandi di kolam air hangat diatas, bisa dilanjutkan memanjakan tubuh dengan jasa SPA yang ada di pinggir kolam. Perlu diperhatikan, air panas disini tidak seperti yang Anda bayangkan seperti air panas pada umumnya, melainkan air panas disini lebih dominan hangat.

Alamat :

Desa Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Provinssi Bali, Indonesia.

Harga tiket masuk :

Rp 5.000 / orang dewasa
Rp 3.000 / anak-anak

Obyek wisata Air Panas Alam Banjar dibuka mulai pukul 08:00 hingga 18:00 WITA. Jika menginginkan suasana yang agak sepi disini alangkah baiknya menghindari hari sabtu, minggu maupun liburan sekolah.

Obyek wisata lain yang berada di kabupaten Bulelng yang bisa menjadi agenda wisata Anda berikutnya :


Lebih baru Lebih lama