Tingkah Laku Orang Yang Berilmu

Sahabat admin yang berbahagia, Pada hakikatnya, makin tinggi status seseorang dalam masyarakat makin berat pula beban moral yang ditanggung. Orang yang berilmu memunyai status yang baik dalam pandangan masyarakat. Mereka (masyarakat) mengharapkan agar orang yang berilmu menjadi teladan bagi lingkungannya dalam berbagai hal.

Karena harapan masyarakat sangat besar kepada orang berilmu, tidaklah aneh jika terjadi kekeliruan sedikit saja yang dilakukan orang berilmu, masyarakat segera mengetahui dan membicarakannya. Tidak demikian halnya apabila kekeliruan atau kesalahan itu dilakukan orang yang tidak atau kurang berilmu. Hal itulah yang dimaksud bahwa beban moral orang yang berilmu berat dibandingkan dengan orang yang tidak berilmu.

Meskipun begitu, orang-orang yang berilmu hendaknya dapat menerima kenyataan itu dengan batas-batas yang wajar. Masyarakat hendaknya juga dapat bersikap wajar, tidak menaruh harapan besar terhadap orang-orang yang berilmu. Adapun perilaku yang mencerminkan sebagai orang yang berilmu, antara lain :

1.     rela menyebarluaskan ilmunya bagi siapa pun yang memerlukan;
2.     memberikan saran-saran yang diperlukan dalam menyelesaikan persoalan, baik diminta maupun tidak;
3.     gemar mendatangi majelis-majelis ilmu yang ada di lingkungan masyarakatnya;
4.  mendukung setiap upaya peningkatan kecerdasan masyarakat, baik lewat pendidikan formal maupun nonformal;
5.    ikut aktif dalam kegiatan kemasyarakatan sehingga tampak kerukunansesama anggota masyarakat tanpa memisahkan antara yang berilmu dengan yang kurang berilmu;
6.   bijaksana dalam bicara, tidak suka menyinggung perasaan orang lain, sebagaimana dirinya tidak mau tersinggung;
7.     pandai menghargai pendapat orang lain, terutama dalam forum musyawarah sesama anggota masyarakat;
8.   simpatik dalam pergaulan dengan siapa pun, baik dengan orang-orang yang berilmu maupun yang kurang berilmu, yang kaya maupun yang miskin.

Itulah Tingkah Laku Orang Yang Berilmu, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama