Tata Cara Pelaksanaan Akikah

Sahabat admin yang berbahagia, Pengertian akikah menurut bahasa adalah rambut pada kepala bayi yang baru lahir. Menurut syariat Islam, akikah adalah menyembelih hewan ternak pada hari ketujuh dari hari kelahiran anak, baik laki-laki maupun anak perempuan. Hukum akikah adalah sunah bagi orang yang wajib menanggung belanja anak yang dilahirkan.

Pelaksanaan akikah sebaiknya pada hari ketujuh dari kelahiran anak. Pada hari itu disunahkan mencukur rambut dan memberi nama anak tersebut. Sebagaimana sabda Rasulullah saw. Yang artinya berikut :

Dari Samurah berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Setiap anak itu tergadai dengan akikahnya sampai disembelih akikahnya, yang disembelih pada hari ketujuh dari hari lahirnya, diberi nama serta dicukur rambutnya.” (H.R. Tirmizi:1442).

Sedangkan Jumlah hewan akikah untuk bayi laki-laki sebanyak dua ekor kambing dan untuk bayi perempuan sebanyak satu ekor kambing. Akikah dilaksanakan pada hari ketujuh kelahiran anak.

Dalam sebuah Hadis Rasulullah saw. Yang artinya sebagai berikut :

Dari Aisyah berkata: Rasulullah menyurun kita melakukan akikah untuk anak laki-laki akikahnya dua ekor kambing dan untuk anak perempuan satu ekor kambing.” (H.R. Ibnu Majah: 3154).

Akikah bertujuan untuk menyukuri nikmat dari Allah swt. Hewan akikah disembelih lalu dagingnya yang sudah dimasak dibagikan. Orang yang menerima daging akikah tidak hanya fakir miskin, tetapi orang kaya juga boleh menikmatinya. Adapun syarat hewan akikah sama dengan hewan kurban, yaitu sehat, gemuk, cukup umurnya, dan tidak cacat.

Tata cara pelaksanaan akikah adalah sebagai berikut.
Rambut bayi dipotong dahulu, Hewan akikah harus memenuhi syarat, Hewan disembelih setelah matahari terbit, Bayi diberi nama yang baik, Daging akikah dibagikan setelah dimasak, Membaca doa ketika menyembelih.

Doa ketika menyembelih yaitu artinya sebagai berikut : “Dengan nama Allah, Allah Mahabesar, ya Allah akikah ini adalah karunia-Mu, dan aku kembalikan kepada-Mu, Ya Allah ini akikah… (nama anak) maka terimalah.”

Itulah Tata Cara Pelaksanaan Akikah , mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama