Tata Cara Melakukan Sujud Syukur

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Sujud syukur berbeda dari sujud yang lain. Sujud syukur dilakukan di luar salat. Adapun cara melakukan sujud syukur adalah sebagai berikut.

Niat

Niat dalam hal ini berupa kehendak dalam hati. Tidak ada ketentuan lafal tertentu dalam hal ini. Biasanya niat melakukan sujud syukur muncul spontan tanpa terencana sebelumnya.

Takbir sebagaimana takbiratul ihram

Terdapat perbedaan di kalangan ulama tentang  takbir ini. Mazhab Syafi'i menganjurkan kita bertakbir sebelum melaksanakan sujud. Adapun Mazhab Maliki dan Hanafi tidak menganjurkan takbir terlebih dahulu. Dalam hal ini kalian dipersilakan untuk memilih salah satu di antara dua pendapat tersebut tanpa perlu saling menyalahkan.

Bersujud satu kali

Sujud inilah yang disebut sujud syukur. Saat melakukan sujud ini, kita disunahkan mengucapkan lafal Alhamdulillah atau lafal lain yang menunjukkan rasa syukur kita ke hadirat Allah Swt.
Lakukanlah penelitian singkat tentang cara melakukan sujud syukur yang digunakan di masyarakat sekitar tempat tinggal kita.

Bangkit dari sujud

setelah cukup bersujud, kita bangkit sebagai tanda bahwa sujud syukur kita telah usai. Itulah cara melaksanakan sujud syukur. Sebagian ulama mensyaratkan wudu terlebih dahulu sebelum sujud dan sebagian ulama yang lain tidak mensyaratkannya. Cara tersebut di atas kita laksanakan sepanjang memungkinkan.

Ada kalanya kita tidak mungkin melakukan cara tersebut. Misal saat kita berada di atas kendaraan, bus, atau pesawat terbang yang sedang berjalan. Dalam keadaan seperti ini, kita cukup menekurkan atau menundukkan kepala sejenak. Hal itu cukup sebagai ungkapan rasa syukur kita ke hadirat Allah Swt.

Itulah Tata Cara Melakukan Sujud Syukur, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama