Tata Cara Melaksanakan Sujud Sahwi

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Sujud sahwi berbeda dengan sujud syukur. Adapun ketentuan sujud sahwi adalah Sujud sahwi dilaksanakan sebanyak dua kali sujud.  Sujud sahwi dilaksanakan dengan dua kali sujud dengan diselingi duduk diantara dua sujud sebagaimana dalam salat. Sujud sahwi dapat dilaksanakan saat salat berjamaah.

Sujud sahwi dapat dilakukan di dalam maupun di luar salat tergantung keadaan. Jika kita ragu pada jumlah rekaat atau terlupa rukun salat lalu teringat ketika masih salat, sujud sahwi kita lakukan di dalam salat. Caranya adalah kita bersujud dua kali sebelum salam. Jika kita salat berjamaah, makmum bersujud sesuai sujud imam.

Adapun jika kita teringat atau mengetahui kesalahan setelah salat selesai, sujud sahwi kita laksanakan segera setelah kita mengetahuinya. Dalam  keadaaan teringat di luar salat, sebagian ulama menyatakan bahwa kita dapat langsung bersujud tanpa perlu bertakbir terlebih dahulu. Sebagian yang lain berpendapat bahwa kita harus bertakbir terlebih dahulu sebelum sujud dan menutupnya dengan salam.

Saat melaksanakan sujud sahwi kita membaca doa. Para ulama berbeda pendapat tentang bacaan sujud sahwi karena tidak ada keterangan langsung dari Nabi saw. Sebagian ulama menyatakan bahwa bacaan sujud sahwi sama seperti bacaan salat biasa. Sebagian yang lain berpendapat bacaan sujud sahwi adalah sebagai berikut.

Subhana man la yanamu walayashu

Artinya: Maha suci Zat yang tidak tidur dan tidak pernah lupa.

Itulah Tata Cara Melaksanakan Sujud Sahwi, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama