Tanda-Tanda Bertawakal

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Tanda-Tanda Bertawakal dengan Sempurna Sikap tawakal muncul dari dalam hati yang penuh keimanan kepada Allah Swt. Semakin tinggi kadar keimanan seseorang kepada Allah Swt. akan semakin tinggi pula sikap tawakal dirinya kepada Allah Swt. Saat sikap tawakal yang sempurna telah menyatu dalam hati, akan terlihat tanda-tanda sikap tersebut dalam diri orang tersebut. Di antara tanda sikap tawakal kepada Allah Swt. adalah sebagai berikut:

Senantiasa tekun berikhtiar sebaik mungkin.

Orang yang  bertawakal yakin bahwa Allah Swt. hadir selalu dalam hidupnya. Ia selalu merasa optimis bahwa Allah Swt. akan mengatur hidupnya. Apapun yang terjadi dalam hidup ia terima sebagai pilihan terbaik menurut ilmu Allah Swt. Saat meraih keberhasilan ia bersyukur karena yakin keberhasilan itu adalah karunia Allah Swt. Saat menghadapi kegagalan, ia bersabar karena yakin bahwa hal itu yang terbaik dan menjadi pelajaran baginya untuk maju. Ia tidak berputus asa saat Allah Swt. menguji kesabarannya.

Sederhana dalam hidup dan tidak berpanjang anganangan.

Orang yang bertawakal menyerahkan hidupnya kepada Allah Swt. Ia tidak memiliki keinginan yang berlebihan dalam hidupnya. Ia tidak mengangankan kemewahan dunia meski tidak menolak jika Allah Swt. mengaruniakan kepadanya.

Tidak gelisah atau berkeluh kesah.

Orang yang bertawakal yakin bahwa apapun yang terjadi dalam hidupnya telah diatur oleh Allah Swt. Oleh karena itu, ia tidak akan gelisah dalam menjalani hidupnya. Saat menghadapi ujian, ia mempergigih ikhtiar dan memperbanyak doa kepada Allah Swt. Ia juga tidak banyak berkeluh kesah kepada manusia. Keluhannya hanya terucap kepada Allah Swt. semata.

Tasbih menjadi sarana berzikir yang biasa digunakan kaum muslimin, Sikap tawakal merupakan bukti tertinggi keimanan seorang muslim kepada Allah. Seseorang dapat saja mengaku beriman akan tetapi hatinya belum berserah diri kepada Allah swt.

Itulah Tanda-Tanda Bertawakal, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama