Syarat Wajib Dan Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Syarat Puasa Ramadan Puasa Ramadan memiliki dua jenis syarat, yaitu syarat wajib dan syarat sah puasa Ramadan. Syarat Wajib Puasa Ramadan Syarat wajib adalah keadaan-keadaan yang menyebabkan seseorang wajib menjalankan puasa Ramadan. Adapun syarat wajib puasa Ramadan sebagai berikut:

a. beragama Islam,
b. balig atau telah cukup umur,
c. berakal atau memiliki akal waras yang dapat digunakan untuk berpikir,
d. suci dari haid dan nifas,
e. sedang mukim atau tidak bepergian, dan
f. sanggup melaksanakan puasa.

Hal-Hal yang Membatalkan Puasa Seperti halnya ibadah yang lain, puasa juga memiliki hal-hal yang dapat membatalkannya. Puasa yang batal tidak dapat dilanjutkan. Artinya, puasa tersebut telah rusak dan tidak sah lagi di hadapan Allah Swt. Hal-hal yang membatalkan puasa dapat berupa tindakan-tindakan yang sengaja dilakukan oleh orang yang berpuasa, ada pula hal-hal yang tidak dapat dihindari. Hal-hal tersebut sebagai berikut.

Tindakan-Tindakan yang Membatalkan Puasa

a. Makan dan minum dengan sengaja.
b. Muntah dengan sengaja.
c. Mengeluarkan mani dengan sengaja.
d. Berhubungan suami istri.
e. Membatalkan niat puasa.
f. Keluar dari agama Islam.

Hal-Hal yang Tidak Dapat Dihindari

a. Keluar darah haid atau nifas.
b. Hilang akal, baik karena gila atau sakit.
c. Melihat bulan tanggal 1 Syawal.

Selain hal-hal tersebut, Allah Swt. juga memperingatkan kita untuk menjauhi hal-hal yang merusak puasa kita. Diantara halhal yang merusak puasa adalah bergunjing, berbohong, dan perbuatan tidak terpuji lainnya. Sebaliknya, Allah Swt. dan rasulNya memerintahkan kita untuk memperbanyak amal saleh.
Pada saat melaksanakan puasa Ramadan, kita dilarang melakukan beberapa hal dan disunahkan beberapa hal yang lain.

Itulah Syarat Wajib Dan Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama