Sunah-Sunah Puasa Dan Orang Yang Dibolehkan Tidak Berpuasa

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Amal saleh yang Allah Swt. perintahkan saat kita berpuasa dikenal sebagai sunah-sunah puasa. Secara umum, sunah puasa mencakup semua kebaikan dan hal-hal sunah yang Allah Swt. perintahkan kepada kita. Secara khusus, Allah Swt. dan rasulNya menganjurkan kita halhal berikut.

1. Mengakhirkan sahur.
2. Menyegerakan berbuka.
3. Memperbanyak tadarus Al-Qur’an.
4. Melaksanakan salat malam atau salat tarawih.

Orang-Orang yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa Terdapat tiga kelompok manusia dalam berpuasa. Ada yang wajib berpuasa, ada yang diperbolehkan berpuasa, dan ada pula yang diperbolehkan tidak berpuasa. Orang yang wajib berpuasa adalah orang yang harus melaksanakan puasa karena telah memenuhi syarat wajib berpuasa.

Orang yang diperbolehkan berpuasa adalah orang yang sebenarnya tidak wajib berpuasa tetapi boleh menjalankannya. Misal, anak kecil yang sebenarnya tidak wajib berpuasa tetapi melaksanakan puasa sebagai latihan. Adapun orang yang boleh tidak berpuasa adalah orang-orang yang sebenarnya wajib berpuasa tetapi diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Mereka adalah orang-orang sebagai berikut.

satu orang yang diberi keringanan untuk tidak berpuasa Ramadan adalah ibu hamil. Akan tetapi mereka harus mengganti puasanya di waktu lain.
  1. Musafir. Seorang musafir mendapatkan keringanan dari Allah Swt. untuk tidak berpuasa karena beratnya perjalanan.
  2. Orang yang sedang sakit. Hal ini dimaksudkan untuk meringankan sakit dan memudahkan perawatannya.
  3. Perempuan yang sedang hamil dan meyusui. Mereka sedang berada dalam keadaan yang menyulitkan untuk berpuasa. Oleh karena itu, mereka diperbolehkan untuk tidak berpuasa.
  4. Orang yang sudah renta. Keadaan beliau yang telah renta membuat kemampuan fisik mereka berkurang.
  5. Orang yang bekerja keras. Apabila kita tidak memiliki pekerjaan lain selain pekerjaan tersebut ia boleh berbuka agar dapat bekerja. Akan tetapi, dia harus menggantinya di hari lain.

Orang-orang di atas diperbolehkan untuk tidak berpuasa Ramadan. Sebagai gantinya, mereka dapat menggantinya di lain hari sejumlah hari yang ditinggalkannya. Selain itu, ia juga dapat membayar fidyah untuk setiap hari yang ditinggalkannya. Inilah ketentuan puasa Ramadan. Ketentuan ini menjadi rujukan untuk puasa-puasa yang lain. Tentu saja dengan penyesuaian yang diperlukan untuk masing-masing puasa.

Itulah Sunah-Sunah Puasa Dan Orang Yang Dibolehkan Tidak Berpuasa, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama