Sifat-Sifat Yang Dimiliki Para Rasul

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Para rasul adalah manusia pilihan. Mereka terpilih diantara manusia pada masanya untuk melaksanakan tugas penting dari Allah Swt. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika para rasul dibekali Allah Swt. dengan sifat-sifat istimewa dibandingkan manusia yang lain. Pada saat yang sama para nabi dan rasul juga dijaga oleh Allah Swt. dari sifat-sifat tercela yang dapat menghambat tugas mereka. Sifat-sifat tersebut terbagi menjadi tiga, yaitu sifat wajib, sifat mustahil, dan sifat jaiz.

Sifat Wajib bagi Rasul, Sifat wajib adalah sifat istimewa yang harus ada pada diri seorang rasul. Adapun sifat wajib bagi para rasul adalah sebagai berikut.
  1. Siddiq, yaitu benar atau jujur. Seorang rasul selalu memiliki sifat benar, baik dalam perkataan, perbuatan, maupun keinginannya.
  2. Amanah, yaitu dapat dipercaya. Seorang rasul adalah seorang yang dapat dipercaya, baik sebagai pribadi manusia maupun sebagai rasul utusan Allah Swt. Sebagai pribadi mereka selalu dapat dipercaya dalam memegang amanah dari sesama manusia. Terlebih lagi sebagai rasul. Apapun yang beliau sampaikan sebagai rasul pastilah sama seperti perintah Allah Swt. Tanpa dikurangi atau ditambah sedikit pun.
  3. Tablig, yaitu menyampaikan. Apapun yang Allah Swt perintahkan untuk disampaikan kepada umatnya, pastilah disampaikan. Para rasul tidak menyembunyikan pesan apapun meski berhadapan dengan kekejaman umatnya.
  4. Fatanah, yaitu cerdik dan bijaksana. Para rasul adalah pribadi yang cerdik dalam memandang situasi dan kondisi umatnya. Mereka mampu menyelami jiwa umatnya sehingga tugas yang mereka emban dapat tertunaikan dengan baik. 

Sifat Mustahil bagi Rasul Sifat mustahil bagi rasul adalah sifat tercela yang tidak mungkin ada pada diri rasul. Sifat ini adalah kebalikan dari sifat wajib bagi mereka. Seperti sifat wajib, sifat mustahil juga berjumlah empat sebagai berikut.

1) Kiz . bun, yaitu berdusta.
2) Khiya -nat, yaitu tidak dapat dipercaya.
3) Kitman, yaitu menyembunyikan pesan dari Allah Swt.
4) Baladah, yaitu bodoh dan ceroboh.

Sifat Jaiz bagi Rasul Sifat jaiz adalah sifat para rasul sebagai manusia biasa selayaknya manusia yang lain. Sifat jaiz berupa sifat-sifat kemanusiaan seperti makan, minum, berkeluarga, lelah, dan sebagainya.
Pada diri rasul Allah melekat sifat wajib, sifat mustahil, dan sifat jaiz.

Setiap Rasul adalah Teladan Setiap rasul adalah teladan bagi umatnya maupun umat yang datang belakangan. Mereka memberikan teladan hidup dalam perjuangan mereka berdakwah kepada kaumnya maupun dalam kehidupan pribadi mereka saat menghadapi kerasnya hidup. Di dalam Al-Qur’an terdapat dua rasul yang disebut Allah Swt. menjadi teladan utama, yaitu para rasul Ulul Azmi dan Rasulullah Muhammad saw.

Itulah Sifat-Sifat Yang Dimiliki Para Rasul, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin...

أحدث أقدم