Sejarah Perjuangan Rasulullah SAW Di Kota Madinah

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Pada saat Rasulullah saw. Hijrah ke Madinah membawa hikmah yang sangat besar.  Salah satunya adalah terbentuk masyarakat muslim dengan segala seluk beluk menjadi muslim yang baik. Meski demikian, jalan untuk mewujudkan masyarakat muslim tersebut tidaklah mulus. Dalam perjalanan yang terkadang  terjal memilukan tersebut terkandung pelajaran indah bagi generasi muslim berikutnya. Di antara sejarah perjuangan Rasulullah saw. dan para sahabat di Madinah adalah sebagai berikut.
                
Rasulullah saw. membangun basis masyarakat yang maju dan kaya melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan. Inilah hal pertama dan utama yang Rasulullah saw. lakukan sesampai di Madinah. Berbagai kegiatan ekonomi, dasar etos  kerja, hingga  jaminan sosial menjadi kegiatan Rasulullah saw. membangun masyarakat Madinah. Hal ini memberikan pelajaran kepada kita arti penting umat Islam memasyarakatkan ekonomi Islam serta menjadi masyarakat yang kaya dan maju.

Rasulullah saw. membangun toleransi dalam masyarakat Madinah. Hal ini terlihat jelas dengan disetujuinya Piagam Madinah. Semua komponen masyarakat Madinah berembuk bersama sebagai komunitas masyarakat yang hidup di tempat yang sama dan membicarakan kepentingan bersama sebagai warga. Hadirnya Piagam Madinah menjadi bukti nyata toleransi, kerjasama, dan saling mengakui keberadaan bersama serta saling menghormati tanpa memandang asal-usul, agama, maupun kepentingan golongan. Kaum muslimin duduk bersama dengan orang Nasrani dan Yahudi membahas masalah bersama.

Rasululah dan para sahabat menjunjung  tinggi semangat jihad sebagai etos perjuangan. Jihad adalah nafas setiap muslim. Oleh karena itulah, Rasulullah saw. dan para sahabat dengan gigih berjuang dalam serangkaian pertempuran yang terpaksa dilakukan Rasulullah saw. untuk membela diri. Meskipun sangat membenci kekerasan dan peperangan, Rasulullah saw. mengobarkan semangat jihad untuk melawan musuh yang datang.

Demikian pula saat keadaan berlangsung damai, Rasulullah saw. Sangat menekankan jihad dalam membangun kehidupan masyarakat. Salah satu ajaran Rasulullah saw. yang sangat bijak mengartikan jihad adalah orang yang keluar untuk mencari ilmu ia sedang berjihad di jalan Allah Swt.. Dari sini kita dapat mengambil pelajaran bahwa jihad tidaklah berarti perang. Jihad juga meliputi bersungguh-sungguh membangun diri dan masyarakat dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan diridai Allah Swt.

Rasulullah saw. mengembangkan dakwah kepada seluruh manusia. Gerak dakwah Rasulullah saw. dan para sahabat sangatlah dinamis. Beliau menggabungkan antara keteguhan beragama dengan kelenturan memandang situasi.Mereka tidak pernah memaksakan agamanya untuk orang lain  Mereka hanya memberikan contoh terbaik Islam dengan tindakan dan sikap mereka selama hidup. Dengan pendekatan ini, Islam diterima sebagai agama yang sejuk dan damai.

Rasulullah saw. dan para sahabat sangat menghargai ilmu pengetahuan dan sangat bersemangat mempelajarinya. Hal inilah yang membuat generasi setelah Rasulullah saw., yaitu masa Khulafaur-rasyidin, Umayyah, dan Abbasiyah bergerak cepat menguasai ilmu pengetahuan dan mengembangkannya. Oleh karenanya, tidaklah mengherankan jika umat Islam pada masa abad pertengahan mencapai puncak perkembangan ilmu pengetahuan.

Pencapaian ilmu pengetahuan di kalangan muslim mengalahkan siapapun yang hidup di muka bumi ini pada masa mereka hidup. Itulah beberapa perjuangan hidup Rasulullah saw. dan para sahabat di Madinah. Mereka mempelajari Islam, menghayati dengan jiwa, dan menerapkannya secara utuh dalam kehidupan. Hasil dari perjuangan tersebut terlihat dari prestasi yang mereka torehkan dengan tinta emas sejarah.

Itulah Sejarah Perjuangan Rasulullah SAW Di Kota Madinah, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama