Sejarah Perjuangan Rasulullah Di Madinah

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Sejarah kehidupan Rasulullah saw. dalam dua sisi, yaitu Rasulullah saw. membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan serta meneladani kisah perjuangan Rasulullah saw. dan para sahabat di Madinah. Seperti kita ketahui, Rasulullah saw. dan para sahabat berada di Madinah sebagai muhajir atau orang yang berhijrah. Beliau datang tidak membawa harta apapun.

Salah satu pokok kehidupan yang mereka bangun adalah sistem ekonomi di Madinah. Karena memperkenalkan suatu sistem ekonomi baru, tak urung perjuangan mereka di Madinah menjadi teladan utama bagi setiap muslim. Setelah berhijrah, Rasulullah dan para sahabat memulai hidup baru di Madinah. Untuk itulah Rasulullah menekankan kemandirian kepada setiap sahabat.

Setelah hijrah ke Madinah, Rasulullah saw. segera menata peri kehidupan para sahabat. Hal ini sangat mendesak mengingat para sahabat datang ke Madinah sebagai pengungsi tidak banyak membawa harta miliknya. Bahkah tidak sedikit sahabat yang tidak membawa bekal apapun selain sedikit makanan dan pakaian yang melekat di badan. Oleh karena itu, Rasulullah saw. berusaha membangun kehidupan masyarakat Madinah baik kaum Muhajirin maupun Ansar melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan.

Melalui kegiatan ekonomi itulah kehidupan para sahabat diharapkan dapat bangkit kembali. Tidak hanya itu, kegiatan Rasulullah saw. dan para sahabat menjadi contoh utama bagi generasi berikutnya untuk membangun ekonomi masyarakat Dalam membangun ekonomi umat di Madinah.

Itulah Sejarah Perjuangan Rasulullah Di Madinah, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama