Penyebab Munculnya Sikap Ananiyyah

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Sikap ananiyyah muncul dari beberapa kemungkinan yaitu sebabnya sebagai berikut.

Salah didik.

Pendidikan yang salah saat masih kecil membuat seseorang mengidap penyakit ananiyah. Salah didik dalam hal ini dapat berupa kebiasaan orang tua memanjakan anak, membanggakan anak secara berlebihan di hadapan orang lain, atau malah terlalu sering menghina si anak hingga memiliki harga diri yang teramat rendah. Akibatnya ia tidak peduli pada orang lain yang dirasanya jahat.

Kecewa dengan orang-orang sekitar.

Kekecewaan dalam hati yang tidak tersalurkan dapat membuat seseorang merasa putus asa dalam berhubungan dengan orang lain. Akibatnya ia memutus hubungan jiwanya dengan orang lain dan menghibur diri dengan menganggap orang lain tidak penting.

Dipuja oleh orang sekitar.

Orang yang dipuja oleh fans beratnya dapat berubah menjadi orang yang merasa dirinya sebagai pusat dunia. Sikap berlebihan itu membuat ia merasa dirinyalah yang paling penting dan orang lain hanyalah perangkat untuk dirinya. Pada dasarnya keadaan tersebut di atas hanyalah penyebab sekunder dari perilaku ananiyyah.

Penyebab utama sikap tersebut adalah lemahnya iman seseorang kepada Allah Swt. Lemahnya iman inilah yang  membuat penyebab di atas dapat mempengaruhi jiwa hingga bersikap egois  ana -niyyah berlebihan. Apabila keimanannya kepada Allah Swt. kukuh, ia akan dapat mengendalikan dirinya dari sikap ana -niyyah dan bersikap menghormati orang lain.

Itulah Penyebab Munculnya Sikap Ananiyyah, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama