Pengertian Tawakal

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Kata tawakal berasal dari bahasa Arab tawakkala yatawakkalu tawakkulan yang berarti menyerahkan, mempercayakan, atau mewakilkan sesuatu kepada orang lain. Secara istilah tawakal adalah sikap menyerahkan keberhasilan usaha, keinginan, dan urusan hidup. Perilaku zuhud tidaklah semata terlihat dari sikap menjauhi dunia melainkan dari sikap mengendalikan hati dan perilaku kita dari dunia.

Dengan pengendalian diri tersebut kita tidak akan terlalaikan dari pengabdian kepada Allah Swt. Dengan demikian, tawakal merupakan sikap menggantungkan keputusan hidup kita kepada Allah Swt. karena Allah Swt. lah yang Maha Mengetahui hal terbaik untuk hidup kita.

Sikap tawakal merupakan bukti Allah Swt. Seseorang dapat saja mengaku beriman akan tetapi hatinya belum berserah kepada Allah Swt. Hatinya masih belum percaya bahwa Allah Swt. mengurus dan menjamin kehidupannya. Akibat tidak adanya rasa tawakal adalah kegelisahan dalam hati dalam menghadapi urusan hidupnya.

Orang yang tidak bertawakal merasa takut miskin, takut diremehkan orang lain, atau takut gagal. Oleh karena itulah, dalam keseharian kita dapat melihat orang seperti Gayus Tambunan yang melalaikan kepercayaan yang diamanahkan kepadanya dan memperkaya diri dengan cara yang tidak halal.

Itulah Pengertian Tawakal, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama